test

News

Selasa, 19 November 2019 09:05 WIB

Aplikasi A.I Milik Microsoft Akan Dihapus di Ponsel iOS dan Android

Editor: Ferro Maulana

Aplikasi artificial intelligence (A.I.) Cortana milik Microsoft. (Foto: DOk Net).

PMJ – Aplikasi artificial intelligence (A.I.) Cortana milik Microsoft akan dihapus di ponsel iOS dan Android di Januari 2020 nanti. Menurut artikel di situs resmi Microsoft pada Jumat (15/11/2019), langkah tersebut merupakan penyederhanaan dan penggabungan Cortana ke Microsoft 365.

“Sebagai bagian dari evolusi ini, pada tanggal 31 Januari 2020, kami mengakhiri dukungan untuk aplikasi Cortana di Android dan iOS di pasar Anda. Pada titik itu, konten Cortana yang Anda buat - seperti pengingat dan daftar - tidak akan berfungsi lagi,” tulis Microsoft di dalam situs resminya.

Menurut salah satu juru bicara Microsoft kepada The Verge, penyerdehanaan dan penggabungan tersebut akan membuat aplikasi Cortana terhapus di semua Microsoft Launcher versi yang akan datang pada Android maupun iOS, dimana semua fiturnya akan tergabung di “aplikasi produktivitas Microsoft 365,”

“Untuk membuat Cortana membantu, kami mengintegrasikan Cortana lebih dalam ke aplikasi produktivitas Microsoft 365 Anda, dan bagian dari evolusi ini melibatkan penghentian dukungan untuk aplikasi seluler Cortana di Android dan iOS,” demikian kata juru bicara tersebut.

Diketahui, Cortana merupakan salah satu aplikasi artificial intelligence seperti Google Now, Alexa dan Siri, yang dapat mencari hal-hal untuk penggunanya di internet serta beberapa fitur lainnya seperti memasang alarm dan peringatan.

Setelah melakukan desain besar-besaran, Microsoft pun tetap gagal bersaing dengan asisten digital lainnya di sistem lainnya. CEO Microsoft Satya Nadella mengungkapkan awal tahun ini bahwa perusahaannya tidak lagi melihat Cortana sebagai pesaing Alexa dan Asisten Google. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT