test

Olahraga

Sabtu, 9 Mei 2020 06:11 WIB

Perjuangan dan Keseruan Pelatih Asing Bali United Belajar Bahasa Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco. (Foto: Dok Net)

PMJ - Pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco menjelaskan pengalamannya belajar  bahasa Indonesia. Teco mengaku hingga harus belajar dari buku terkait berbagai kalimat yang biasa digunakan masyarakat Indonesia.

Pelatih asal Brasil tersebut memang sangat fasih melakukan percakapan dengan bahasa Indonesia. Dirinya juga tahu betul kata-kata yang biasa digunakan masyarakat, termasuk bahasa gaul.

“Jadi, saya datang ke Indonesia pada Desember 2003. Pada awal 2004 di tim Persebaya saat itu ada pemain yang bisa bahasa Italia dan saya juga bisa. Mereka pun banyak membantu saya. Kemudian ada pemain Brasil di Persebaya yang bisa berbahasa Indonesia,” tutur Teco.

Lebih jauh, menurut Teco, pemain tersebut kemudian memberinya buku yang berisikan kalimat bahasa Indonesia yang biasa dipakai sehari-hari, lengkap dengan panduan bahasa Portugis dan Inggrisnya.

“Kemudian dia memberikan buku pada saya dan saya kemana-mana membawa buku ini. Saya pikir tahun 2004, saya sudah bagus berkomunikasi dalam bahasa Indonesia,” tuturnya.

Bagi Teco, bahasa menjadi salah satu elemen penting dalam karier kepelatihannya. Tak salah memang, pelatih asal Brasil itu jadi juru taktik tersukses di era Liga 1 Indonesia dengan membawa dua tim berbeda juara Liga 1.

“Saya pikir bahasa itu penting buat pelatih. Sehingga pemain tidak punya alasan untuk tidak mengerti keinginan pelatih,” tandasnya. (FER).

BERITA TERKAIT