test

News

Rabu, 18 Desember 2019 14:42 WIB

Jokowi Kagumi Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor

Editor: Ferro Maulana

PMJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal baru di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (18/12). Kepala Negara mengaku kagum dengan kemegahannya.

"Saya tadi masuk ke bandara, saya kaget karena dulu kayak apa, sekarang kayak apa. Terkejut karena beda dengan bandara lama. Ini surprise banget, luar biasa," ungkap Jokowi ketika meresmikan terminal baru Bandara Syamsudin Noor, Rabu (18/12/2019).

Jokowi berharap perluasan terminal ini bisa meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan. Terlebih Kalsel sekarang menjadi salah satu provinsi penyangga ibu kota negara. Peran bandara tentu sangat penting.

"Tujuh persen pertahun, kelihatannya loncat. Tadi saya cek pergerakan penumpang itu tumbuh 10 persen lebih. Artinya 10 tahun lagi, bandara ini harus dibangun lebih gede lagi. Karena pertumbuhannya tinggi sekali," tuturnya.

Diketahui, pembangunan terminal baru Bandara Syamsudin Noor menghabiskan dana Rp2,2 triliun. Apron dapat menampung 14 unit pesawat narrow body dengan fasilitas berupa tiga garbarata, 42 check-in counter, dan 2 baggage conveyor.

Area parkir bandara pun kini mampu menampung 1.524 kendaraan roda empat dan 720 kendaraan roda dua. Perluasan masjid juga mampu menampung 1.186 orang dari sebelumnya hanya 200 orang.(Hdi)

BERITA TERKAIT