test

News

Kamis, 19 Desember 2019 12:58 WIB

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Polri Antisipasi Kemacetan di Tol Cikampek

Editor: Fitriawan Ginting

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono saat berikan keterangan pers (Foto; PMJ/Fjr).

PMJ- Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono telah memetakan arus lalu lintas untuk perayaan Natal dan tahun baru. Kegiatan itu diambil untuk masyarakat pergi ke kampung halamannya. Irjen Isriono mengatakan, puncak dari kemacetan arus lalu lintas diperkirakan pada tanggal 21 Desember 2019 - 22 Desember 2019.

Pihaknya juga telah menyiapkan anggotanya untuk mengantisipasi kemacetan, terutama di tol elevated Jakarta - Cikampek yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo.

"Titik-titik kemacetan di jalan tol yang menuju Jawa maupun Bandung ini di rest-rest area tentunya dimulai dari bottleneck di kilometer 48 nanti. Tentunya jarak dari eleveted yang dari Jakarta km 10-48, tapi di situ ada pos pengaturan untuk dilakukan langkah-langkah rekayasa," kata Istiono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Rekayasa yang dimaksud oleh Istiono adalah salah satunya dengan contra flow. Hal itu akan dilakukan jika terjadi arus mudik maupun arus balik jika terjadi kemacetan yang panjang.

"Kemungkinan akan kita contraflow bila terjadi kepadatan perlu kita lakukan. Itu langkah-langkah salah satu cara kita bertindak itu sudah kita siapkan," kata Istiono.

Untuk diketahui, Operasi Lilin Jaya akan dilaksanakan selama 10 hari sejak 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Operasi tersebut bertujuan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020. (Fjr/Gtg-03).

BERITA TERKAIT