test

News

Senin, 30 Desember 2019 19:00 WIB

Ini Imbauan PVMBG untuk Masyarakat Terkait Erupsi Gunung Anak Krakatau

Editor: Ferro Maulana

Gunung Anak Krakatau. (Foto: Dok Net)

PMJ - Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda mengelurkan erupsi pada Senin (30/12/2019) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Bahkan, semburan abu mencapai 2.000 meter.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani menjelaskan, bahwa erupsi ini merupakan hal yang biasa.

"Pada 07.58 WIB terjadi erupsi ya dengan ketinggian sekitar 2.000 meter tapi ini warnanya putih keabu-abuan dan juga ini sebenarnya tidak apa-apa dan siangnya ada lagi tapi sebenarnya ini adalah hal yang biasa ya," tutur Kasbani di Jakarta, Senin (30/12/2019).

Masih dari penuturannya, saat ini Gunung Anak Krakatau berada di Level II (Waspada). Karena itu, potensi erupsi masih mungkin terjadi.

"Gunung Anak Krakatau ini masih dalam level II waspada dan potensi erupsi masih mungkin terjadi dan gunung api ini masih dalam fase membangun dan jarak radius amannya 2 kilometer. Dan, selama jaraknya di luar radius itu tidak masalah," sambung Kasbani.

Maka, pihak PVMBG menghimbau masyarakat tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 1-2 kilometer agar tidak terkena dampak erupsi. "Karena nanti bisa terdampak adanya lontaran batu pijar. Kemudian juga abu pekat, dan lontaran pasir dan sebagainya," pungkasnya. (PVMBG/ FER)

BERITA TERKAIT