test

News

Jumat, 10 Januari 2020 11:30 WIB

Bersama Panglima TNI dan BNPB, Kapolri Tanam 2020 Pohon di Bogor

Editor: Ferro Maulana

Kapolri Jenderal Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo melakukan penanaman 2020 pohon di Cikeas, Bogor (Foto: Dok Net)

PMJ - Dalam rangka Hari Sejuta Pohon, Kapolri Jenderal Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo melakukan penanaman 2020 pohon di Pusat Latihan Multifungsi Mabes Polri, Jalan Cikeas, Gunung Putri, Bogor.

Kegiatan yang digelar pada Jumat (10/1/2020), turut dihadiri Kakorlantas Irjen Pol Istiono, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono. Selain itu, adapula musisi sekaligus aktivis lingkungan Iwan Fals.

Jenderal Idham Azis menyampaikan, momentumnya bertepatan dengan hari gerakan satu juta pohon sedunia. Dimana tujuannya adalah menggugah nurani anak bangsa peduli lingkungan dan kehijauan, agar masa depan anak cucu bisa lebih baik dari sekarang.

"Program penanam pohon hanya simbol saja, yang kita tanam hari ini sebanyak 2020. Tetapi dibalik makna simbol itu, bagaimana kita ingin mengunggah hati warga negara Indonesia untuk bersama-sama menanam pohon," jelas Idham.

Idham mencontohkan, bencana alam banjir dan longsor yang datang pada awal 2020 kemarin menjadi pengingat untuk lebih peduli pada lingkungan. Menurut dia, bencana ini menelan korban sampai ratusan dan membuat 400 ribuan jiwa mengungsi.

"Saya kira ini peringatan juga bagi kita, saya sekaligus mengajak rekan-rekan semua melalui diri saya sendiri marilah kita melaksanakan kegiatan ini dengan ikhlas. Semoga apa yang kita tanam hari ini akan menjadi kenangan dan kebanggaan bagi anak cucu kita," ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, ketiga pejabat itu menanam jenis pohon yang berbeda. Kapolri menanam Pohon Merbau Pantai Papua, Panglima TNI menanam Pohon Kayu Hitam Sulawesi dan Kepala BNPB menanam Pohon Kayu Ulin.(Hdi)

BERITA TERKAIT