test

News

Jumat, 17 Januari 2020 20:34 WIB

Mendikbud Nadiem Kritisi Kualitas Sinetron di Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Mendikbud Nadiem Makarim. (Foto: Dok Net)

PMJ - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyoroti tayangan sinetron Indonesia. Ia meminta kepada rumah produksi agar mengemas cerita yang berkualitas dengan mengandalkan rasa ingin tahu masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Nadiem saat menjadi narasumber di acara Indonesia Millenial Summit (IMS) 2020 di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Nadiem mengatakan, seharusnya sinetron Indonesia bisa mengajak penontonnya untuk berfikir, menurutnya sinetron itu tidak selalu menghadirkan kisah inspirasi.

"Alangkah baiknya bisa mengajak masyarakat berfikir gitu loh. Nggak usah inspirasi deh, tapi paling tidak membuat pertanyaan-pertanyaan yang bisa meningkatkan curiosity (rasa ingin tahu) di masyarakat," ungkap Nadiem.

Menurut Nadiem, cerita yang disajikan sinetron Indonesia saat ini tidak mementingkan cerita dan hanya mengandalkan rating. Oleh karena itu, ia meminta agar seluruh rumah produksi sinetron bisa membuat cerita yang tidak berkutat di zona itu-itu saja.

"Kan selama ini ceritanya soal ada yang miskin jadi kaya, jatuh cinta. Hal-hal yang masih kaya gitu levelnya di sini," tukasnya.

BERITA TERKAIT