test

News

Rabu, 29 Januari 2020 12:09 WIB

Viral, Donald Trump Salah Sebut Masjid Al Aqsa

Editor: Hadi Ismanto

Presiden AS Donald Trump. (Foto: Dok Net)

PMJ - Presiden Amerika Serikat (AS), Donal Trump kini tengah menjadi perbincangan hangat. Ketika berpidato mengenai rencana perdamaian untuk Timur Tengah, ia salah menyebutkan nama Masjid Al-Aqsa menjadi Masjid Al-Aqua.

Seperti dihimpun redaksi dari berbagai sumber, Rabu (29/1/2020), rekaman salah penyebutan dalam pidato Trump ini menjadi viral di media sosial.

"Memastikan bahwa status quo Temple Mount dipertahankan, dan semua Muslim yang ingin mengunjungi secara damai dan berdoa di ‘masjid al-Aqua’ akan tetap bisa melakukannya," demikian petikan rekaman pidato Trump.

Namun pernyataan Trump tersebut justru memicu kecaman dari Palestina. Mereka menerapkan berbagai syarat yang ketat, dan sepakat membiarkan Israel mempertahankan kontrol di pemukiman Tepi Barat yang dianggap ilegal oleh komunitas internasional.

Gedung Putih dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, menjadi saksi bahwa orang nomor satu di AS itu membuat kesepakatan perdamaian bersama Timur Tengah dengan menyerukan pembekuan empat tahun oleh Israel untuk aktivitas pemukiman baru.

Trump menyatakan rencana tersebut dengan tujuan mengakhiri konflik yang sudah terjadi selama beberapa dekade. Namun rencana tersebut dianggap menguntungkan Israel, karena tidak ada pihak Palestina saat Trump mengumumkan rencananya.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menganggap tawaran Trump itu bukanlah "kesepakatan abad ini", tapi justru sebagai "tamparan abad ini".(Fni/Hdi)

BERITA TERKAIT