test

Kesehatan

Kamis, 12 Maret 2020 10:58 WIB

Mengekang Virus Corona, Pemerintah AS Siap Tangguhkan Perjalanan dari Eropa

Editor: Ferro Maulana

Presiden AS Donald Trump. (Foto: Dok Net)

PMJ – Pemerintah Amerika Serikat (AS) siap menangguhkan semua perjalanan dari Eropa ke negara tersebut selama 30 hari dalam upaya untuk mengekang wabah virus corona.

Namun demikian, Presiden AS Donald Trump menegaskan, pembatasan perjalanan tersebut tidak berlaku untuk Inggris (Britania Raya).

"Untuk mencegah kasus-kasus baru memasuki pantai kami, kami akan menangguhkan semua perjalanan dari Eropa ke Amerika Serikat selama 30 hari ke depan. Aturan baru akan mulai berlaku Jumat tengah malam," terang Trump, Kamis (12/03/2020).

Masih dari penjelasan Trump, Eropa mengalami lebih banyak kasus karena pemerintahnya gagal menghentikan perjalanan dari Tiongkok yang merupakan tempat epidemi COVID-19 dimulai.

“Uni Eropa gagal untuk mengambil tindakan pencegahan yang sama dan membatasi perjalanan dari Tiongkok dan tempat-tempat ang rawan lainnya. Akibatnya, sejumlah besar tujuan wisata di Amerika Serikat diminati oleh para pelancong dari Eropa," ujarnya menambahkan.

Menurut Trump, pelarangan juga akan "berlaku untuk sejumlah perdagangan dan kargo yang luar biasa", dan "berbagai hal lain yang harus mendapat persetujuan".

Terpisah, liga basket terkenal AS NBA siap menangguhkan musim pertandingan setelah seorang pemain Jazz Utah dinyatakan positif mengidap virus corona.

Berdasarkan pengumuman itu, penangguhan akan berlaku setelah selesainya jadwal pertandingan Rabu (11/03/2020) malam waktu setempat.

Pengumuman tersebut muncul setelah pertandingan antara Jazz dan Guntur di Chesapeake Arena Kota Oklahoma pada Rabu(11/03/2020) malam ditunda karena alasan yang tidak jelas. (NEW YORK TIMES/ FER).

BERITA TERKAIT