test

News

Sabtu, 22 Februari 2020 10:06 WIB

5 Bahan Alami Atasi Rambut Bercabang

Editor: Ferro Maulana

Rambut lebat dan sehat tentu menjadi dambaan banyak orang, terutama kaum perempuan (Foto: Dok Net)

PMJ - Libur akhir pekan datang lagi girl, waktunya merawat rambut. Masalah umum pada rambut adalah rambut bercabang, kondisi ini menandakan rambut kamu rapuh dan tidak sehat.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh cuaca ekstrem, teknik perawatan rambut seperti pengeringan, pelurusan, dan pengeritingan. Penggunaan produk kimia seperti cat rambut juga bisa menyebabkan rambut bercabang.

Jika rambut bercabang semakin banyak, solusi terakhir tentunya dengan memotongnya. Tapi tunggu dulu, kondisi ini masih bisa dicegah dengan perawatan rambut yang tepat.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut kering. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (22/2/2020), berikut sejumlah bahan alami dan mudah didapat.

1. Minyak jarak

Minyak jarak memiliki berat molekul rendah dan dapat menembus batang rambut. Ini memperbaiki dan merehidrasi rambut, mengurangi kulit kepala yang gatal, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan merawat rambut bercabang.

Encerkan dua hingga empat sendok teh minyak jarak dengan dua sendok teh minyak kelapa. Ambil satu sendok teh campuran di telapak tangan. Gosokkan ke rambut dari akar sampai ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas.

2. Madu

Madu membantu mempertahankan dan mengatur kelembapan di rambut. Masker rambut madu membantu mencegah ujung rambut bercabang dengan memperkuat folikel rambut dan memberikan hidrasi serta nutrisi pada rambut.

Campur 2-4 sendok teh madu organik, 1 sendok teh santan, dan 3 sendok teh susu murni. Oleskan campuran ke rambut dari akar sampai ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas.

3. Pepaya

Pepaya adalah obat alami yang memberi nutrisi mendalam pada rambut. Campuran pepaya, minyak almond dan yogurt membantu mencegah kulit kepala kering dan gatal, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan meningkatkan kesehatan rambut.

Siapkan ½ cangkir pepaya yangtelah dihaluskan, 1 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan minyak almond. Oleskan campuran pepaya ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam sebelum dibilas.

4. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E, mineral, dan fitonutrien lain yang membantu mempertahankan kelembaban di rambut dan mencegah kerusakan rambut lebih lanjut. Nutrisi ini membantu rambut serta kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Hancurkan setengah alpukat dalam mangkuk. Tambahkan 3 sendok teh minyak almond. Oleskan campuran ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas.

5. Lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan rambut, menambah volume rambut, dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari atau panas.

Campurkan 4 sendok makan gel lidah buaya dengan 2 sendok makan air lemon. Oleskan campuran ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam sebelum dibilas.(Hdi)

BERITA TERKAIT