test

News

Senin, 9 Maret 2020 12:06 WIB

Rumah Sakit Khusus Corona Dibangun di Pulau Galang

Editor: Hadi Ismanto

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat memberikan pengarahan kepada prajurit TNI-Polri di Desa Sijantung, Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Foto: Dok PMJ News)

PMJ - Pemerintah Indonesia akan membangun rumah sakit khusus untuk menangani menangani wabah virus corona atau Covid-19. Rencananya, rumah sakit ini dibangun di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, TNI-Polri tengah menyiapkan Pulau Galang sebagai salah satu tempat ideal yang nantinya akan dibangun satu rumah sakit khusus yang memiliki fasilitas sebagai observasi dan fasilitas isolasi.

"Tempatnya sangat ideal, karena berada di tengah hutan. Jarak dengan penduduk kurang lebih 2-3 km. Pulau ini memiliki bandara yang bisa didarati oleh pesawat kecil maupun pesawat berbadan lebar," ungkap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Senin (9/3/2020).

"Jadi kalau ada pasien yang harus dikirim dari dalam maupun luar negeri, kapanpun bisa sampai di tempat ini," imbuhnya.

Panglima TNI juga meminta kepada jajaran TNI-Polri agar segera melaksanakan kegiatan pengamanan, baik di jalur menuju Pulau Galang maupun pengamanan di wilayah yang akan dibangun rumah sakit, sehingga target pembangunan akan tercapai.

"Diharapkan rumah sakit ini dapat segera dioperasionalkan untuk menampung para WNI yang akan melakukan observasi dan isolasi," tandasnya.

Untuk diketahui, Pulau Galang pernah menjadi satu kawasan untuk operasi kemanusiaan. Sejarah mencatat, sejak tahun 1979 sampai 1996, pulau ini khususnya di Desa Sijantung menjadi tempat pengungsi Vietnam.(Hdi)

BERITA TERKAIT