test

News

Jumat, 13 Maret 2020 15:50 WIB

Cegah Corona, Menag Ajak Umat Bersih-bersih Rumah Ibadah

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Agama, Fachrul Razi (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengajak kepada seluruh umat beragama melakukan gerakan bersih-bersih tempat ibadah. Selain menjaga kebersihan, aksi ini untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Sebagai ikhtiar kita mencegah penyebaran COVID-19, saya ajak umat untuk bersama-sama melakukan aktivitas bersih-bersih rumah ibadah," jelas Fachrul Razi seusai mendampingi Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Fachrul menyampaikan, bentuk pembersihan itu dilakukan dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara menyeluruh di ruang-ruang tempat ibadah.

"Gulung dan sisihkan sementara semua karpet yang ada di rumah ibadah. Semprot ruang peribadahan dengan disinfektan," ujarnya.

Selain penyemprotan disinfektan, Fachrul meminta kepada pengurus rumain ah ibadah untuk melakukan upaya-upaya preventif. Salah satunnya dengan menyiapkan sabun di tempat wudhu, toilet dan lainnya.

Jika memungkinkan, lanjut Menag, pengurus rumah ibadah menyiapkan alat deteksi tubuh dan hand sanitizer bagi jamaah. Bagi Jamaah yang tengah menderita sakit, disarankan tidak memasuki rumah ibadah demi kenyamanan jamaah lain.

"Jamaah yang sedang mengalami demam, batuk, dan flu disarankan tidak memasuki rumah ibadah demi kenyamanan dan kesehatan jamaah lainnya," ujarnya.

Pada saat yang sama, Menag menyarankan kepada umat muslim untuk membawa sajadah dari rumah saat berjamaah di masjid. Ia juga meminta kepada penceramah agar menyampaikan pentingnya kebersihan.

"Jangan lupa membawa sajadah sendiri. Pesan khutbah diharapkan juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan,” tandasnya.(hdi)

BERITA TERKAIT