test

News

Minggu, 15 Maret 2020 07:23 WIB

Jangan Panik Guys! Kamu Bisa Pantau Virus Corona Melalui Situs Canggih Ini

Editor: Ferro Maulana

Pemantauan virus corona melalui laptop dan handphone. (Foto: Dok Net)

PMJ – Penyebaran virus corona masih menjadi perhatian dunia saat ini. Virus itu sudah menginfeksi lebih dari 128 ribu orang di seluruh dunia. Agar bisa mengetahui penyebaran virus ini, pengguna bisa memantaunya melalui internet.

Beberapa situs menyediakan informasi ini yang dapat diakses melalui browser mereka. Salah satu situs live map yang direkomendasikan terkait update virus corona yaitu Johns Hopkins University's Center for Systems Science and Engineering's (JHU CSSE) melalui https://systems.jhu.edu/.

Dasbor menampilkan jumlah total kasus yang dikonfirmasi, kematian, dan pemulihan di seluruh dunia, dengan data juga dibagi berdasarkan negara atau wilayah. Tampilan peta bisa disesuaikan, dengan 16 opsi termasuk kartografi, topografi, dan peta jalan.

The Independent menyediakan live map yang menarik data dari JHU CSSE. Anda bisa mengklik pada wilayah peta untuk mendapatkan statistik jumlah kasus yang dikonfirmasi, kematian dan pemulihan. Kamu juga dapat mengakses HealthMap. Ini merupakan peta dengan fitur 'animate spread'.

Tampilkan Pasien yang Terinfeksi

Sekarang, sudah ada 120 negara yang terinfeksi. Untuk mencegah risiko penularan CoVID-19, ada baiknya masyarakat terus memantau informasi berkenaan COVID-19. Setidaknya untuk menghindari beberapa wilayah yang terinfeksi.

Center for Systems Science and Engineering (CSSE) dari Univeritas Johns Hopkins, Maryland, Amerika telah membuat peta penyebaran COVID-19. Peta penyebaran itu bisa dipantau melalui situs online.

Tidak hanya menampilkan peta, situs tersebut juga menampilkan data berapa orang yang saat ini terinfeksi, pasien yang meninggal, dan negara mana saja yang warganya terjangkit virus corona.

Sekedar informasi, terdapat lima negara dengan kasus terbanyak diantaranya yakni Tiongkok, Italia, Iran, Korea Selatan, dan Prancis. Hingga berita ini diturunkan, sudah ada 135.232 orang di seluruh dunia yang terinfeksi, 4.981 korban meninggal, dan 69.645 sembuh.

Berdasarkan laman CSSE, data yang mereka himpun berasal dari World Health Organization (WHO). CSSE pun terus melakukan update secara real time. (FER).

BERITA TERKAIT