test

News

Sabtu, 21 Maret 2020 16:19 WIB

Angkut Alkes dari China, TNI Kerahkan Pesawat Hercules C130

Editor: Hadi Ismanto

TNI AU menyiapkan pesawat untuk mengangkut alat kesehatan dari China (Foto: Dok Net)

PMJ - TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan pesawat angkut berat hercules C130 ke Shanghai, China untuk mengangkut logistik kesehatan yang telah dibeli oleh pemerintah.

Pesawat dengan nomor registrasi A-1333 tersebut telah diberangkatkan dari Skadron Udara 32 Wing Udara II Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, Sabtu (21/3/2020).

"Lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh sekitar pukul 06.55 WIB dan akan menempuh rute penerbangan Malang-Natuna-Hainan-Shanghai," jelas Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto.

Menurut Fajar, pesawat dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letkol Penerbang Suryo dan membawa 21 kru pesawat lainnya. Selain itu, tim pendukung juga turut serta dalam misi tersebut beserta dua personel dari Kemhan RI.

Pesawat itu akan melakukan dua kali transit di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk mengisi bahan bakar, sebelum mendarat di Bandara Pudong di Shanghai. Sementara logistik kesehatan yang akan diangkut seberat kurang lebih 9 ton.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta pesawat milik TNI digunakan untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai, China. Itu dilakukan untuk mempermudah proses birokasi antarpemerintah kedua negara.

"Kemarin (18/03), Menhan Prabowo Subianto meminta penggunaan pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai untuk mempermudah proses birokrasi G-to-G (antarpemerintah)," ungkap Jubir Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam siaran pers.

Dahnil mengungkapkan, alat-alat kesehatan yang akan diambil di Shanghai berupa masker sekali pakai, masker n95, pakaian pelindung, kacamata google, sarung tangan, pelindung sepatu, termometer inframerah, dan topi bedah.(Hdi)

BERITA TERKAIT