test

News

Rabu, 8 April 2020 10:02 WIB

Cegah Corona, 3 Jenis Sayuran Ini Baik untuk Kesehatan Paru-paru

Editor: Hadi Ismanto

3 jenis sayuran yang baik untuk kesehatan paru-paru (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi)

PMJ - Sejumlah pakar kesehatan menyebut virus corona atau COVID-19 menyerang sistem pernapasan, yaitu paru-paru. Karena itu, kita disarankan untuk menjaga kesehatah organ tubuh penting ini.

Setidaknya ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru seperti berhenti merokok dan menghindari debu hingga polusi. Akan tetapi, kita juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/4/2020), berikut ini sayuran yang memiliki nutrisi tinggi sehingga bisa menjaga kesehatan paru-parumu agar terhindar dari virus.

1. Wortel

Sayuran ini memang kaya manfaat. Dilansir dari Sunwarrior, wortel tak hanya mengandung vitamin A yang baik untuk mata, tetapi juga mengandung vitamin C dan lycopene, antioksidan yang baik untuk tubuh dan menjaga kesehatan paru-paru.

Zat dan vitamin tersebut dapat membantu menurunkan resiko penyakit paru-paru lebih lanjut. Bahkan menurut para ilmuwan, minum jus wortel membantu mencegah kanker paru-paru pada perokok.

2. Brokoli

Sayuran hijau dipercaya sangat baik untuk paru-paru, salah satunya brokoli. Menurut para ahli dalam Medical News Today, brokoli mengandung antioksidan dan vitamin yang tinggi, yaitu senyawa sulforaphane (SFN) yang mampu melindungi organ dari kerusakan.

Senyawa SFN ini dapat meminimalisir jumlah sel induk kanker positif hingga 80 persen, hingga pertumbuhannya bisa berhenti. Oleh karena itu, brokoli mampu meningkatkan kesehatan paru-paru dan mencegah terjadinya kanker.

Brokoli pun dipercaya dapat membantu penderita gangguan paru obstruktif kronis, yaitu penderita dengan gejala sesak napas, batuk, asma dan mengandung banyak dahak.

Hal ini tentu mengganggu pernapasan, bahkan mengakibatkan komplikasi pernapasan dan jantung. Maka, jalan terbaik untuk sembuh dari penyakit pernapasan rajin mengonsumsi sayuran, termasuk brokoli.

3. Bayam

Bayam juga memiliki nutrisi dan vitamin. Dikutip dari Stylecraze, para ilmuwan mengungkapkan bahwa Bayam mengandung vitamin B yang dapat menjaga kesehatan paru-paru.

Bayam menjadi alternatif untuk sakit pada pernapasan, karena mengandung senyawa phytochemical. Dengan kandungan senyawa phytochemical ini pun, bayam dapat mencegah kanker.

Konsumsi bayam dengan direbus, lalu hasil rebusan diminum setelah dingin setidaknya satu cangkir rutin dan teratur, pada waktu siang dan malam atau setiap hari dapat menurunkan sakit pada pernapasan dan resiko kanker paru-paru. Bayam pun dapat disajikan dan dinikmati sebagai salad. Jadi, tak hanya nikmat, tetapi juga memiliki manfaat dan nutrisi yang baik untuk tubuh.(Hdi)

BERITA TERKAIT