test

Kesehatan

Minggu, 6 September 2020 10:06 WIB

Pakar: Pakai Face Shield Tetap Wajib Gunakan Masker

Editor: Hadi Ismanto

Pemakaian face shiled ternyata tetap diwajibkan gunakan masker (Foto: PMJ News/Hdi)

PMJ - Mungkin sebagian orang beranggapan kemunculan face shield bisa sebagai pengganti masker. Alhasil, banyak orang yang tak memakai masker saat memakai penutup plastik penutup wajah ini.

Secara fungsi, memang face shield tidak bisa menggantikan masker. Artinya, saat beraktiviras diluar masyarakat tetap diwajibkan memakai masker. Sekalipun sudah memakai penutup plastik wajah ini

Dikatakan administrator proyek unit biocontainment di Rumah Sakit Johns Hopkins, Christopher Sulmonte menyebut memiliki manfaat tambahan untuk melindungi mata.

"Selain itu (Face shield) mencegah seseorang menyentuh wajah dengan bertindak sebagai penghalang fisik," ujar Christopher Sulmonte seperti dilansir dari laman Association Press, Minggu (6/9/2020).

Sementara itu, penelitian yang tersedia sejauh ini menunjukkan jika face shield baik untuk mencegah penyebaran virus adalah menutupi sisi dan bagian bawah wajah. Hal ini berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Demgan memakai penutup plastik ini menyisakan sedikit ruang untuk tetesan dari bersin, batuk, dan berbicara untuk menyebar.

Jika Anda memang memakai pelindung wajah yang dapat digunakan kembali selain masker, CDC mencatat pentingnya membersihkannya setelah digunakan.

Mereka juga mengatakan, Anda harus mencuci tangan sebelum dan sesudah melepasnya, dan hindari menyentuh wajah saat melepasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT