test

Kesehatan

Rabu, 16 September 2020 10:02 WIB

3 Tips Hindari Penularan Klaster Tempat Makan

Editor: Hadi Ismanto

Restoran dan cafe hanya diizinkan melayani pelanggan dengan pesan antar dan bawa pulang (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Berbagai macam klaster pun mulai bermunculan dan menjadi spot penularan baru virus corona. Sebelumnya ada klaster perkantoran dan klaster keluarga, terbaru timbul klaster tempat makan.

Umumnya penularan terjadi saat satu pengunjung atau staf tanpa sadar terjangkit Covid-19 dan belum menunjukkan gejala atau asimtomatik. Mereka secara tidak sadar pergi ke tempat makan dan menularkan penyakit ini ke orang lain.

Sekadar informasi, terdapat 20 kasus Covid-19 pada Agustus 2020 di warung soto Lamongan di Yogyakarta. Disusul dengan 20 kasus di Semarang, 15 di rumah makan rawon Probolinggo, dan delapan kasus di rumah makan Bogor..

Dikutip dari keterangan pers @pandemictalks, Rabu (16/9/2020), penularan klaster tempat makan masih bisa dicegah dengan beberapa cara. Berikut sejumlah tipsnya.

1. Sebaiknya membuat dan membawa masakan sendiri dari rumah

Kita lebih bisa mengontrol tingkat kebersihan peralatan memasak dan bahan bahan makanan di rumah sendiri. Jika Anda bekerja, usahakan membawa bekal makanan dari rumah atau menggunakan layanan pesan antar online.

2. Pesan makanan via online

Apabila memesan makanan via online, usahakan mengonsumsi makanan tersebut di rumah atau di bawa pulang. Jika terdesak Anda bisa memakannya di tempat yang sepi.

Jangan lupa bersihkan dahulu plastik atau bungkus makanan dengan cairan disinfektan. Sebaiknya, panaskan makanan tersebut sebelum dimakan.

3. Jika makan di tempat, perhatikan 4 hal ini

Jika akhirnya ada keperluan mendesak sehingga harus makan di tempat makan, maka ada 4 hal yang sebaiknya diperhatikan:

- Analisa atau asses tingkat risikonya tempat makan yang menerapkan protokol VDJ dengan ketat.

- Datang tidak lebih dari tiga orang dan jaga jarak.

- Jangan bertukar alat makan. - Jangan meletakkan masker yang lepas di meja makan, ganti masker baru, lalu cuci tangan.(Hdi)

BERITA TERKAIT