test

News

Kamis, 9 April 2020 10:02 WIB

Tetap Semangat, Ini Tips Jalani Puasa Saat Pandemi COVID-19

Editor: Hadi Ismanto

Menunaikan ibadah puasa 1441 H (Foto: ILustrasi/PMJ News/Fif)

PMJ - Hanya tinggal menghitung hari, umat muslim di Indonesia akan menjalani puasa Ramadhan. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini ibadah puasa wajib ini diwarnai dengan pandemi COVID-19.

Kondisi ini pastinya merupakan ujian berat tetapi harus tetap dijalani. Ada atau tidaknya pandemi ini, Ramadan harus tetap dapat dimaknai sebagai bulan suci yang membawa banyak keberkahan.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (9/2/2020), berikut sejumlah hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadan. Tujuannya agar kegiatan ibadah maupun kegiatan rutin sehari-hari dapat dilaksanakan dengan baik.

1. Tetap menjaga kesehatan dan kebersihan

Mengingat wabah pandemi Covid-19 mudah menular dan menyerang kesehatan tubuh maka, hal yang perlu kamu siapkan adalah menjaga kebersihan dan juga kesehatan. Ini harus dibiasakan agar aktivitasmu selama Ramadan dapat berjalan lancar.

Kamu bisa mulai menjaga kebersihan dari dirimu sendiri lalu lingkungan disekitarmu, misalnya kamar hingga keseluruhan halaman rumah. Selain itu persiapkan selalu alat kesehatan seperti masker, sarung tangan, hand sanitizer untuk berjaga-jaga.

2. Konsumsi makanan bergizi dan vitamin

Upayakan untuk mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Vitamin dan makanan bergizi akan melindung tubuh dan memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga tubuh tidak mudah lelah ataupun sakit.

Ada banyak zat gizi dalam sayur dan buah-buahan, semuanya dibutuhkan tubuh untuk dapat tetap beraktivitas selama menjalani puasa. Selain itu, kamu harus menjaga sistem imun tubuh, karena tubuhmu akan rentan kekurangan cairan atau ion.

3. Mulai mengatur keuangan

Mulai mengatur anggaran keuangan dengan cara berinvestasi atau menabung. Pandemi Covid-19 membuat semua perekonomian terganggu karena sebagian besar aktivitas ekonomi ditutup sampai wabah ini mereda.

Hal ini jadi perhatian banyak orang karena sebagian besar masyarakat menutup mata pencahariannya sementara dan harus menahan diri di rumah. Mmulai sekarang anggarkan keuanganmu dengan baik karena kebutuhan Ramadan pasti membutuhkan banyak dana.

4. Membiasakan berbelanja melalui E-Commerce

Saat pandemik, kamu harus membiasakan diri berbelanja menggunakan e-commerce. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah orang keluar rumah dan berbelanja di pusat perbelanjaan karena hal tersebut rawan penyebaran virus.

Cara berbelanja di e-commerce sangat mudah dan praktis, semua kebutuhan untuk persiapan Ramadan bisa dibeli secara online. Bahkan saat ini saja sudah banyak masyarakat yang mulai berpindah ke e-commerce untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Beberapa pemerintah daerah juga membuka portal-portal khusus belanja online agar masyarakat dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal yang sama juga dilakukan oleh beberapa e-commerce yang memberikan program diskon besar-besaran.(Hdi)

BERITA TERKAIT