test

News

Kamis, 9 April 2020 18:01 WIB

Keren, Tiga Pasar Tradisional di Kota Bekasi Bisa Pesan Antar

Editor: Hadi Ismanto

Aktifitas belanja di pasar tradisional saat ini bisa dilakukan secara online (Foto: Ilustrasi/PMJ News)

PMJ - Setidaknya ada 11 pasar tradisional di Kota Bekasi, Jawa Barat akan menerapkan sistem transaksi daring atau online. Terobosan ini untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi, Kariman menyebut penerapan sistem jual beli online ini bertujuan untuk mempermudah konsumen mendapatkan barang-barang kebutuhannya tanpa harus keluar rumah.

"Jadi konsumen tidak perlu repot ke pasar sehingga bisa menghindari kerumunan yang dapat berpotensi menyebabkan menyebarnya virus Corona," ungkap Kariman, Kamis (9/4/2020).

Kariman menjelaskan bahwa dari total 14 pasar tradisional yang ada di Kota Bekasi, 11 pasar di antaranya sedang menuju ke sistem jual beli online. Dari jumlah tersebut, sudah ada tiga pasar yang menerapkannya.

"Di tiga pasar itu masing-masing Pasar Bantargebang, Harapan Jaya, dan Pasar Kranji Baru pedagang. Delapan pasar lain menyusul dan sejauh ini respon masyarakat positif," tuturnya.

Kariman menjelaskan mekanisme transaksi online di pasar tradisional ini relatif mudah sebab konsumen cukup menghubungi koordinator pedagang untuk memesan kebutuhannya.

"Koordinator pedagang ini yang akan mencarikan kebutuhan konsumen dan mengantarkan langsung ke rumah," terangnya.

Saat ini, kata Kariman, Pemerintah Kota Bekasi tengah menyiapkan aplikasi khusus transaksi ini sehingga masyarakat akan jauh lebih dimudahkan saat hendak memesan barang kebutuhan lewat aplikasi tersebut.

"Sistem yang sekarang ini dijalani dulu sementara, sambil menunggu pembuatan aplikasi online selesai oleh Diskominfo," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT