test

News

Selasa, 28 April 2020 19:00 WIB

Keren, Pasar di Salatiga Terapkan Social Distancing

Editor: Hadi Ismanto

Pasar di Salatiga terapkan social distancing (Foto: Twitter)

PMJ - Sebuah pasar di Kota Salatiga mendadak jadi sorotan karena menerapkan sosial distancing. Pasar tersebut didesain khusus di jalanan dengan jarak antara kios satu dengan yang lain dibatasi.

Pun demikian dengan jarak antara pembeli yang diatur sedemikian rupa. Sehingga, tidak terjadi penumpukan masyarakat di lokasi favorit belanja masyarakat itu.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah Pemkot Salatiga yang melakukan hal itu. Menurutnya, itu contoh yang sangat keren dan bagus diterapkan di tengah pandemi Covid-19.

"Sebenarnya sudah lama saya usul penataan pasar itu kepada bupati dan wali kota. Idenya saya lihat di Myanmar, lalu saya share ke mereka para bupati wali kota, bisa tidak dilakukan," ungkap Ganjar, Selasa (28/4/2020).

"Ternyata Salatiga yang melakukan, hari ini saya tag di Instagram saya karena memang sangat menginspirasi," sambung politisi PDI Perjuangan tersebut.

Menurut Ganjar, paradigma saat ini harus benar-benar diubah. Saat ini, mau tidak mau masyarakat harus bisa hidup meski saat pandemi Covid-19, termasuk sistem pasar atau sistem ekonomi.

"Sistem pasar kita harus diubah. Pilihannya adalah kita mengambil jalur tegas PSBB yang melarang semua orang keluar dan ekonomi berhenti, atau kita bisa melakukan seperti di Kota Semarang atau Banyumas yang melakukan pengetatanan," jelasnya.

Ganjar mengaku, pihaknya mengacungi jempol Kota Salatiga yang telah membuat terobosan baru dengan menata pasarnya dengan baik. Ia berharap, daerah lain dapat mencontoh Salatiga melakukan pengetatan-pengetatan di berbagai bidang.

"Semoga daerah lain bisa mengikuti. Ide itu sudah saya lontarkan sejak lama, bagaimana pasar kita harus diatur agar semuanya aman. Yang sudah komunikasi adalah Kota Semarang. Nanti kami suport dan saya minta masyarakat mendukung," tukassnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT