test

News

Sabtu, 18 April 2020 18:28 WIB

MUI Imbau Masyarakat Tak Ziarah Kubur Jelang Ramadhan

Editor: Hadi Ismanto

Majelis Ulama Indonesia (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Sesuai tradisi di Indonesia, biasanya umat Islam akan melakukan ziarah ke makam keluarga menjelang bulan Ramadhan. Hal tersebut bisa diartikan sebagai salah satu pengingat kematian.

Namun khusus tahun ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau seluruh muslim di Tanah Air agar tidak ziarah kubur di tengah pandemi COVID-19. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi.

"Ziarah kubur merupakan amalan yang sangat baik karena mengingatkan pada kematian. Namun mengingat pandemi Covid-19 kemungkinan belum mereda, sebaiknya itu ditiadakan," ungkap Zainut dalam siaran persnya, Sabtu (18/4/2020).

Sebagai gantinya, ia menyarankan agar ziarah ke makam orangtua, kerabat dan saudara yang telah meninggal tersebut diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing.

Selain itu utuk menyambut bulan suci Ramadan, MUI juga menganjurkan umat Islam untuk melakukan beberapa hal. Di antaranya menata niat yang baik dan menyambutnya dengan ikhlas serta penuh sukacita, meski di tengah pandemi Corona.

"Sebab Rasulullah SAW bersabda, barang siapa yang bergembira dengan datangnya bulan Ramadan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk ke dalam neraka," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT