test

News

Kamis, 23 April 2020 19:20 WIB

Resmi! Pemerintah Putuskan Awal Ramadhan Besok Jumat 24 April 2020

Editor: Ferro Maulana

Menteri Agama Fachrul Razi . (Foto: Ist)

PMJ - Sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan 1441 Hijriah sudah selesai digelar pemerintah RI melalui Kementerian Agama bersama sejumlah ormas Islam. Sidang Isbat itu memutuskan awal puasa jatuh pada Jumat 24 April 2020.

"Kami dengan suara bulat menetapkan awal Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari bertepatan dengan hari Jumat 24 April 2020," ujar Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan, di Kemenag, Jakarta, Kamis (23/04/2020).

Sementara itu, Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menjelaskan, secara teknis, sidang isbat terbagi dalam tiga sesi.

Sesi pertama yaitu pemaparan posisi hilal awal Ramadan 2020 oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya. Kedua, yakni sidang isbat dengan diawali pembacaan laporan oleh Direktur Urusan Agama Islam berkenaan hasil rukyatul hilal dari seluruh Indonesia.

Sedangkan, para tokoh ormas Islam yang diundang dapat mengikuti dan berdialog dalam proses sidang melalui meeting room online. Ketiga, hasil sidang isbat Ramadan 1441 H diumumkan oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

"Setelah Magrib di Jakarta, sidang penetapan digelar tertutup. Hasil sidang diumumkan oleh Menag Fachrul Razi,” tandasnya. (KEMENAG/ FER).

BERITA TERKAIT