test

News

Senin, 4 Mei 2020 13:09 WIB

Jokowi Minta Lima Klaster Penularan Covid-19 Dipantau Ketat

Editor: Hadi Ismanto

Presiden RI Joko Widodo saat berikan keterangan pers (Foto: Sekpres)

PMJ - Kasus positif corona di sejumlah daerah belakangan terus meningkat. Hal ini menjadi sorotan khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia meminta klaster-klaster penularan Covid-19 dipantau secara ketat.

Menurut Jokowi, ada lima klaster yang patut diawasi secara ketat yaitu klaster pekerja migran, klaster jemaah tabligh, klaster Gowa di Sulawesi Selatan, klaster rembesan pemudik, dan klaster industri.

"Kita harus melakukan monitor secara ketat potensi penyebaran di beberapa klaster," ungkap Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (4/5/2020).

Khusus untuk klaster pekerja migran, Jokowi menyebut para tenaga kerja TKI yang sudah pulang ke Tanah Air sudah mencapai 89 ribu orang. Jumlah itu masih akan bertambah lagi hingga 16 ribu orang.

"Ini harus dikawal secara baik di lapangan sehingga jangan sampai muncul gelombang kedua," ujarnya.

Sedangkan pada klaster industri, Jokowi meminta jajarannya memastikan industri mana saja yang diizinkan beroperasi selama PSBB. Setiap industri yang diperbolehkan beroperasi harus melakukan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah.

"Kita harus memastikan industri-industri yang diizinkan beroperasi. Yang mana harus dicek di lapangan, mereka melakukan protokol kesehatan secara ketat atau tidak," jelasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT