test

News

Selasa, 19 Mei 2020 12:30 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ungkap Alasan Tak Terapkan PSBB

Editor: Hadi Ismanto

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar (Foto: Akun Youtube BNPB)

PMJ - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan alasan wilayahnya tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama masa pandemi Covid-19.

Politisi PDI Perjuangan ini justru mengedepankan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) guna mencegah penyebaran virus corona.

"Sebenarnya PSBB, PKM atau tidak ada apa-apa pun yang dibutuhkan hari ini bagaimana literasi cukup tentang Covid-19," ujar Ganjar Pranowo saat diskusi virtual dengan tema "Indonesia Pantang Menyerah" yang disiarkan di Instagram BNPB, Selasa (19/5/2020).

Menurut Ganjar, mengubah pola masyarakat menjadi kunci pencegahan virus corona. Jadi intinya kita harus mengedukasi masyarakat. Selain itu, pemda menerbitkan aturan dan regulasinya.

"(Dan) bagaimana mengubah sikap masyarakat agar berubah ada dua satu, pertama kita melakukan pendekatan secara persuasif dan edukatif. Kedua, kalau tidak bisa kita menggunakan regulasi sebagai tool social reenginering. Sebenarnya itu saja by teori," tuturnya.

"Mari kita sikapi semuanya dengan segala kreatifitas. Intinya satu selalu pakai masker, selalu menjaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun, menjaga imun tetap sehat," imbuhnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT