test

News

Senin, 25 Mei 2020 10:32 WIB

4 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Kuaci bunga matahari yang memiliki manfaat kesehatan (Foto: Dok Net)

PMJ -  Mengonsumsi kuaci atau biji bunga matahari terkadang sering lupa diri. Tapi taukah kamu kila makanan ringan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti dilansir laman Well And Good, Senin (25/5/2020), seorang ahli gizi Alana Kessler RD menyebut biji bunga matahari bermanfaat untuk kesehatan. Ia pun merekomendasikan biji bunga matahari yang organik karena tidak terpapar oleh residu pestisida.

Selain itu, Kessler juga lebih merekomendasikan biji bunga matahari yang sudah dipanggang kering dibandingkan biji bunga matahari mentah. Seperti sayuran dan biji-bijian mentah lain, biji bunga matahari yang mentah cenderung lebih sulit untuk dicerna tubuh.

Berikut enam manfaat baik dari biji bunga matahari bagi kesehatan, simak penjelasannya.

1. Sumber lemak sehat

Biji bunga matahari kaya akan lemak sehat. Tiga per empat cangkir sajian biji bunga matahari mengandung 14 gram lemak, yang umumnya adalah lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Kedua jenis lemak ini kerap dikatakan dapat menunjang kesehatan kardiovaskular.

2. Sumber protein

Biji bunga matahari juga kaya akan protein. Satu porsi sajian biji bunga matahari mengandung 7 gram protein. Dengan kandungan protein yang tinggi ini, biji bunga matahari cocok untuk dijadikan sebagai salah satu opsi camilan sehat.

3. Bagus untuk otak

Biji bunga matahari juga dijuluki sebagai 'power snack' karena baik untuk kesehatan otak. Camilan ini mengandung vitamin E yang dapat mencegah brain fog atau kondisi sulit berkonsentrasi. Selain itu bisa membantu melindungi otak dari risiko penurunan.

4. Baik bagi sistem imun

Biji bunga matahari juga dikenal sebagai sumber zat seng yang baik. Terdapat 7 mg zat seng per satu porsi sajian biji bunga matahari. Jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap zat seng.(Hdi)

BERITA TERKAIT