test

Politik

Senin, 4 November 2019 12:53 WIB

Menhub Pastikan Kereta Bandara Solo Beroperasi Sebelum 2020

Editor: Redaksi

Kereta Bandara Solo. (foto: IG @agendasolo)

PMJ – Pemerintah menargetkan Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo Jawa Tengah sudah mulai beroperasi di akhir tahun 2019. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi sudah mengecek progres terbaru proyek tersebut, pada Minggu (3/11/2019) kemarin.

"Saya sudah melakukan pengecekan terhadap konstruksi-konstruksi yang ada dan relatif sudah tidak ada masalah lagi," ungkap Budi Karya melalui keterangan resminya, Senin (4/11/2019).

Kereta Bandara Adi Soemarmo memiliki jalur sepanjang 12,9 Km dari pusat kota dan memiliki waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari pusat kota ke bandara. Dalam sehari akan ada sekitar 60 perjalanan kereta yang melayani dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Adi Soemarmo dan sebaliknya.

Saat ini progres konstruksi telah mencapai 94% dan hanya tinggal sedikit bagian dari jalur tertentu yang belum terkoneksi. "Yaitu terkait adanya perlintasan jalan tol sehingga kita harus membuat jalan tambahan. Ada pula hambatan yang berkaitan dengan warga dan ada yang berkaitan dengan teknis," terang Budi Karya.

Bufi Karya optimistis target operasi di akhir tahun bisa tercapai. "Kita akan selesaikan ini di pertengahan Desember dan dioperasikan pada saat sebelum tahun baru. Kira-kira operasi tanggal 28 Desember," pungkas Budi Karya. (BHR)

BERITA TERKAIT