test

Politik

Jumat, 15 November 2019 09:13 WIB

Menhub Minta Aplikator Ojol Ciptakan Standar Baru Dalam Perekrutan Mitra Driver

Editor: Lely

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: instagram @budikaryas)

PMJ – Peristiwa bom bunuh diri di Polrestabes Medan yang dilakukan oleh pelaku dengan menggunakan jake ojek online membuat Kementerian Perhubungan meminta sejumlah aplikator menciptakan standar baru dalam pendaftaran mitra driver.

Standar Pertama yang harus dibuat adalah pendaftaran dengan melalui tatap muka. "Kedua apa harus ada yang merekomendasikan teman yang sudah ada. Itu minimal tapi pasti ada cara-cara baru," terang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Kamis (14/11/2019) kemarin.

Budi juga meminta agar para aplikator termasuk Grab dan Gojek melakukan evaluasi terhadap mitra driver yang sudah bergabung. Evaluasi bisa dimulai dengan melihat prestasi para mitra driver dan pihak aplikator juga diminta memantau media sosial.

"Ketiga, adalah memang harus selektif ke pemberian jaket dan lain lain," tegas Budi.

Budi berharap sejumlah rekomendasi yang disepakati dapat dijalankan. "Kami sebagai regulator itu tidak mau habiskan waktu tapi syarat gak bisa dipenuhi aplikator. Ngomong gak bisa oh ini caranya. Diskusi sudah mulai hari ini. Paling lambat 3 hari harus ada rekomendasi yg dipenuhi," pungkasnya. (BHR)

BERITA TERKAIT