test

Politik

Senin, 4 November 2019 17:13 WIB

Sri Mulyani Tegaskan Hutang Indonesia Masih Terjaga

Editor: Redaksi

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (foto: IG @smindrawati)

PMJ – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa rasio utang pemerintah terhadap PDB masih cukup terjaga. Posisi utang rasio Indonesia masih kecil yaitu 30% bila dibandingkan dengan rasio utang JEpang yang mencapai 200% dan Malaysia 50%.

"Posisi utang rasio 30% dari PDB. Akan terus dijaga terhadap PDB. Jika lihat Jepang sampe 200% PDB dan Malaysia sekalipun rasio utang di atas 50% PDB dari ekonominya," kata Sri Mulyani di Gedung DPR, Senin (4/11/2019).

Sri Mulyani berjanji akan mengelola utang tersebut dengan penuh kehati-hatian. "Utang kita sudah mengalami penurunan. Desain dari APBN jaga agar efisiensi utang dikendalikan secara tren dan keuntungan dari kita sendiri. Juga dari sisi kesehatan dan dari APBN," ungkapnya.

Sri Mulyani menuturkan, defisit APBN 2020 akan dirancang sesuai dengan batasan dimana akan diprioritaskan untuk mendukung APBN yang sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. "SDM Prioritas untuk majunya Indonesia. Dalam hal ini pendidikan dan kesehatan akan jadi dua komponen terbesar," ujarnya. (BHR)

BERITA TERKAIT