test

News

Sabtu, 6 Juni 2020 12:02 WIB

Covid-19 Belum Terkendali, Kota Jeddah Kembali Terapkan Lockdown

Editor: Hadi Ismanto

Kota Jeddah, Arab Saudi kebali terapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona (Foto: Dok Net)

PMJ - Penyebaran virus Corona Arab Sudi belum terkendali. Untuk mencegah penularan Covid-19 secara masif, Kerajaan Arab Saudi kembali menerapkan lockdown atau karantina wilayah di Jeddah.

Seperti dilansir laman AFP, Sabtu (6/6/2020), Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyebut kebijakan lockdown ini diterapkan agar tidak terjadi lonjakan kasus Corona di kota tersebut.

"Setelah meninjau situasi epidemiologis dan tingginya tingkat hunian departemen perawatan intensif, diputuskan untuk mengambil tindakan pencegahan kesehatan yang ketat di kota Jeddah selama dua minggu, mulai hari Sabtu (6/5)," ungkap otoritas kesehatan.

Tidak hanya menerapkan kembali lockdown, otoritas wilayah juga memberlakukan jam malam di Jeddah. Masyarakat dilarang ke luar rumah setelah pukul 15.00 sampai dengan 06.00 waktu setempat.

Selain itu, diberlakukan pula penangguhan untuk menggelar shalat di masjid-masjid dan perintah bekerja di rumah untuk sektor publik dan swasta.

Sebagai informasi, Arab Saudi telah mengkonfirmasi pasien positif corona hampir mencapai 96.000 kasus. Dari total jumlah tersebut, terdapat 642 kematian. Adapun korban terberat di Teluk.

Pemerintah Arab Saudi pun telah menunda ziarah umrah sepanjang tahun ke Mekah dan Madinah karena kekhawatiran akan pandemi Corona akan menyebar ke kota-kota paling suci di Islam.(Hdi)

BERITA TERKAIT