test

Politik

Kamis, 7 November 2019 10:04 WIB

Ini Bayangan Jokowi Untuk Ibu Kota Baru

Editor: Lely

Ilustrasi. (foto: PMJ/FIF)

PMJ – Rencana pemerintah memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur bukan soal memindahkan istana atau gedung pemerintahan ke lokasi baru. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerangkan bahwa pemindahan ibu kota baru dilakukan untuk mengembangkan sebuah kawasan yang multi fungsi.

"Pemerintah tidak sekadar memindahkan istana atau kantor pemerintahan, tidak seperti itu. Pemerintah akan membangun kota yang smart metropolis," kata Jokowi dalam pidato pembukaan Indonesia Infrastructure Week 2019, di JIExpo Kemayoran, Rabu (6//11/2019).

“Saya hanya bayangkan, di sana nanti ada kluster pemerintahan, ada kluster teknologi dna inovasi seperti Silicon Valley, ada kluster pendidikan universitas terbaik ada di sana, klutser layanan kesehatan, dan kluster wisata. Ini lah yang ada di bayangan kita,” sambungnya.

Jokowi menegaskan ibu kota baru akan menjadi jawaban dalam penciptaan kualitas hidup tertinggi bagi para penghuninya. "Bebas emisi, ke mana-mana bisa jalan kaki, bisa bersepeda, transportasi publik yang bebas emisi. Kota dinamis, harga terjangkau, dan kota yang menggembirakan. Kota yang masyarakatnya majemuk. Inilah bayangan di benak saya," ungkap Jokowi.

Ibu kota baru tidak hanya sebagai pusat pemerintahan tapi sebagai pusat bisnis. "Ibu kota negara bukan hanya kota pemerintahan. Kota baru juga kota bisnis. Tetapi bisnis yang bebas emisi, atau industri yang bebas emisi yang mempekerjakan orang kelas dunia. Google Global Talent akan ada di sana," ujar Jokowi

Jokowi akan mengundang para sumber daya manusia Indonesia berbakat yang berkiprah di luar negeri atau diaspora untuk kembali ke Indonesia. "Diaspora kita akan pulang dan menarik orang hebat dunia untuk tinggal di sini. Hal ini akan terjadi jika kota ini sediakan lapangan kerja yang berkelas," tuturnya.

"Kota yang sangat sehat dan ramah lingkungan. Kota yang hidup menyenangkan dan ramah. Kota yang compact dan humanis, pelayanan publik yang lengkap dan berkualitas. Ini harus kita rancang secara baik sejak awal. Ibu kota negara baru ini adalah hadiahnya Indonesia untuk dunia," sambungnya.

"Mimpinya memang harus tinggi. Dubai, the happiest city on the earth, ibu kota negara baru the best on earth, the cleanest city, the most innovative city dan the most-most lainnya. Kita memang harus meng-install sistem baru di kota ini. Jangan hanya pindah lokasi saja. Bukan," pungkas Jokowi. (BHR)

BERITA TERKAIT