test

News

Senin, 15 Juni 2020 19:01 WIB

Kasau Sebut Pesawat yang Jatuh di Riau Masih Laik Terbang

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Staf TNI Angkatan Udara,, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat memerikan keterangan jatuhnya pesawat di Riau (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyebut pesawat tempur Hawk 0209 TT yang jatuh di daerah Kampar, Riau, Senin (15/6), masih laik terbang..

"Pesawat laik terbang karena telah melalui proses pengecekan. Beberapa hari sebelumnya juga melaksanakan misi penerbangan dan berlangsung normal," jelas Fadjar dalam keterangannya kepada wartawan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin (15/6/2020).

Fadjar mengatakan, sesaat sebelum jatuh pilot pesawat Lettu Pnb Aprianto Ismail sempat melaporkan adanya keganjilan pada bagian mesin. Lampu indikator peringatan juga menyala yang menisyaratkan adanya kerusakan.

"Penerbang melaporkan terjadi keanehan di mesin. Ada suara aneh diikuti lampu peringatan menyala ketika terjadi sesuatu tidak benar di mesin," ungkapnya.

Pesawat tempur milik TNI AU jatuh di Pekanbaru, Riau (Foto: PMJ News/Istimewa)

"Mesin kemudian kehilangan tenaga atau lost power. Namun pada saat itu komunikasi masih normal dan pilot memutuskan untuk eject dengan kursi pelontar," sambungnya.

TNI Angkatan Udara akan segera melakukan investigasi mendalam terkait jatuhnya pesawat. Menurut Fadjar, dibutuhkan dua pekan untuk melakukan investigasi penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

"Kami akan melaksanakan investigasi. Dan ini membutuhkan waktu yang nantinya diharap dapat menemukan jawaban penyebab kecelakaan ini," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT