test

News

Selasa, 16 Juni 2020 10:02 WIB

Jangan Abai Ya, Ini Protokol Kesehatan Saat di Kantor

Editor: Hadi Ismanto

Pemprov DKI Jakarta membuka seleksi terbuka untuk jabatan Sekda DKI dan Dua Deputi Gubernur. (Foto: Ilustrasi/PMJ News)

PMJ - Meskipun penyebaran virus corona masih tergolong masif, hampir semua perkantoran kini sudah kembali dibuka. Kondisi ini mengharuskan para pekerja lebih waspada menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular Covid-19.

Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengingatkan perlunya protokol kesehatan di saat bekerja, apalagi pada masa pandemi seperti saat ini.

"(Sebisa mungkin) hindari pertemuan sosial di tempat kerja dengan menjaga jarak," ujar Reisa dalam jumpa pers yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Ia menambahkan, penggunaan masker tentu saja menjadi keharusan di tempat kerja. Disarankan pakai dengan baik dan benar, jangan asal melepas masker saat berada di kantor atau keramaian.

Selain itu, kata Reisa, kebersihan tempat kerja juga harus dijaga. Bila perlu, semprotkan disinfektan di tempat kerja secara berkala. Tak kalah penting, pastikan tempat kerja memiliki ventilasi yang baik.

Reisa mengingatkan apabila merasa sakit, lebih baik bekerja dari rumah saja. Terapkan etika batuk dan bersin dengan melipat siku atau menggunakan tisu yang langsung dibuang dan langsung mencuci tangan sebelum menyentuh apa pun.

"Semua itu harus tetap berlaku di tempat makan dan istirahat. Pemberi kerja perlu memberlakukan jam istirahat yang berbeda untuk mengurangi kepadatan saat makan siang," tuturnya.

Saat pulang ke rumah, lanjut Reisa, protokol kesehatan juga perlu dilakukan sebelum bertemu dengan anggota keluarga lainnya. Lepas alas kaki sebelum masuk rumah dan semprotkan disinfektan ke alas kaki dan barang bawaan sebelum dibawa masuk rumah.

"Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan langsung mandi serta menggunakan baju yang bersih sebelum bertemu dengan keluarga," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT