test

Politik

Minggu, 10 November 2019 11:45 WIB

Pesan Presiden Jokowi di Hari Pahlawan 2019

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi bersama Wapres KH Maruf Amin di TMP Kalibata. (Foto: Dok Net)

PMJ - Presiden Joko Widodo mengimbau kepada masyarakat untuk menghargai sekaligus menghormati jasa para pahlawan.

Lanjut Jokowi, dengan menghormati para pahlawan, maka Bangsa Indonesia juga akan menjadi negara besar.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai, menghormati jasa-jasa pahlawannya," tutur Jokowi saat memberikan sambutan dalam upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11/2019).

Kepala Negara kembali meminta masyarakat untuk memperingati Hari Pahlawan dengan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Jokowi menuturkan, saat ini merupakan momen untuk berjuang mewujudkan apa yang dicita-citakan para pahlawan.

"Dan kita ingat bahwa para pahlawan telah berjuang, merebut, mempertahankan kemerdekaan kita, negara kita, dan menjadi kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan,” papar Jokowi.

“Terutama perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan dan yang lain-lainnya," tambahnya.

Sekedar informasi, upacara ini diikuti oleh sekitar 3.500 peserta, baik dari undangan maupun personel dari tiga matra TNI. Untuk kelancaran upacara, jalan di sepanjang Kalibata pun sudah mulai steril sejak pukul 07.00 WIB.

Selanjutnya, Presiden Jokowi meletakkan karangan bunga di tugu TMP Kalibata dan usai upacara dia juga menaburkan bunga di sejumlah makam pahlawan. Menteri Agama Fahcrul Razi membacakan doa di akhir upacara.

Dalam upacara ini, terlihat pula hadir jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan.

Selain itu, juga hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md; Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil; dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Berikutnya, tampak Menteri Sosial Juliari Batubara; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono; Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah; Wakil Menteri BUMN Kartika Wiroatmodjo; Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo; Jaksa Agung ST Burhanuddin; Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian; dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Setelah upacara, Jokowi dan Maruf Amin menabur bunga di beberapa makam para pahlawan. (FER).

BERITA TERKAIT