test

Politik

Senin, 11 November 2019 12:09 WIB

Mahfud MD Tegaskan Tidak Ada Pencekalan ke Rizieq Syihab Dari Pemerintah

Editor: Redaksi

Mahfud MD usai menjenguk Wiranto di RSPAD. (Foto : PMJ/Fjr).

PMJ – Belakangan ramai beredar video pernyataan Rizieq Syihab yang menunjukkan surat 'pencekalan' sehingga tidak bisa keluar dari Arab Saudi. Dalam video tersebut, Rizieq mengaku surat tersebut dari pemerintah Indonesia yang diarahkan kepadanya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Menko Polhukam Mahfud MD dengan tegas mengatakan bahwa tidak ada surat pencekalan dari pemerintah Indonesia untuk Rizieq. Selama menjabat sebagai Menko Polhukam, Mahfud mengaku tidak pernah melihat surat pencekalan yang diklaim Rizieq.

"Sampai saat ini ndak ada (pemerintah mengeluarkan surat pencekalan). Saya sudah berkantor di sini sudah tiga minggu, ndak ada," tegas Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

Mahfud meminta Rizieq mengirimkan copy-an surat tersebut untuk diperiksa keasliannya. "Saya tidak tahu itu suratnya (asli atau palsu), suruh kirim ke sayalah. Kok hanya di TV gitu," terang Mahfud.

“Saya ingin tahu itu surat benar apa (tidak), apa surat resmi atau berita koran atau apa kan gitu cuma diginikan (diperlihatkan) di medsos. Coba suruh kirim copy-nya ke saya, saya ingin tahu,” sambungnya.

Sebelumnya melalui unggahan video di akun yotube, Rizieq yang saat ini berada di Arab Saudi menunjukkan dokumen yang disebutnya surat pencekalan dari pihak pemerintah Indonesia yang ditujukan kepada pemerintah Arab Saudi.

"Saya dilarang berpergian ke Saudi, bahkan ini dituliskan sebabnya adalah karena alasan keamanan. Jadi sekali lagi, saya dicekal di sini bukan karena saya lakukan pelanggaran keimigrasian, bukan saya melakukan pelanggaran pidana atau perdata, bukan karena saya melakukan sesuatu kejahatan di Saudi ini, tidak. Karena alasan keamanan," ujar Rizieq dalam video yang diunggahnya. (BHR)

BERITA TERKAIT