test

News

Rabu, 1 Juli 2020 10:11 WIB

Hari Bhayangkara, Jokowi: Jaga Profesionalitas dan Kepercayaan Rakyat

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo memimpin upacara Hari Bhayangkara ke-74 (Foto: PMJ News/Setpres)

PMJ - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli 2020. Upacara digelar secara sederhana dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

Upacara yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta ini dimulai pada pukul 08.30 WIB. Tampak hadir dalam acara ini diantaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Kapolri Jenderal Idham Aziz.

Presiden Jokowi menyebut di masa pandemi Covid-19 ini kehadiran dan keterlibatan jajaran Polri sangat dibutuhkan. Ia juga meminta seluruh pihak bekerja keras mengatasi permasalahan kesehatan dan ekonomi.

"Kehadiran jajaran Polri sangat, sangat diperlukan. Mulai dari jajaran Mabes dan Polda, Polres dan Polsek sampai Bhabinkamtibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan," ungkap Jokowi dalam sambutannya seperti disiarkan Youtube Sekretaris Presiden, Rabu (1/7/2020).

"(Anggota Polri juga harus) aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial, dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif, aman dan damai," sambungnya.

Dalam amanatnya, Jokowi juga menegaskan bahwa keselamatan rakyat merupakan prioritas dan hukum tertinggi dalam tugas kemanusiaan. Sehingga, Jokowi meminta agar Polri mengedepankan tugas secara persuasif, humanis dan tetap waspada.

"Perlu saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang paling utama, keselamatan dan kepentingan rakyat adalah hukum tertinggi, lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif serta humanis," tuturnya.

"Namun harus tetap waspada, cepat tanggap dan tegas dalam menangani pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat," imbuhnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT