test

News

Jumat, 3 Juli 2020 16:48 WIB

Terungkap, Isteri Bupati Kutim Ternyata Ketua DPRD Kutai Timur

Editor: Hadi Ismanto

Isteri Bupati Kutai Timur, Encek Firgasih (Foto: temanencekfirgasih)

PMJ - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Bupati Kutai Timur Ismunandar bersama istrinya dalam operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan tindak pidana korupsi pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Kutai Timur, Kamis (2/7) malam.

Saat dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa istri Bupati Kutai Timur, Encek UR Firgasih merupakan Ketua DPRD Kutai Timur, Kalimantan Timur. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri.

"Iya (Encek Firgasih Ketua DPRD Kutai Timur)," kata Ali, Jumat (3/7)

Encek menjabat sebagai Ketua DPRD Kutai Timur sejak September 2019 masa bakti 2019-2024. Sementara Ismunandar menjabat sebagai Bupati Kutai Timur untuk periode 2016 hingga 2021.

Encek terpilih sebagai pimpinan DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dari hasil Pemilihan Legislatif 2019, partai berlambang Ka'bah tersebut telah menguasai lima kursi di DPRD Kutai Timur.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPK mengamankan setidaknya 15 orang dalam OTT di tiga tempat berbeda, termasuk dua di antaranya Bupati Kutai Timur Ismunandar bersama istrinya. Mereka ditangkap di sebuah hotel di Jakarta.

"Untuk beberapa pihak yang diamankan di Jakarta, saat ini sudah berada di Gedung KPK sebanyak tujuh orang dan masih dalam pemeriksaan tim KPK,” ungkap Ali Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (3/7/2020).

Adapun OTT yang digelar di Samarinda dan Kutai Timur, tim KPK mengamankan delapan orang. Mereka kemudian langsung di bawa ke Polresta Samarinda untuk menjalani pemeriksaan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan di Polresta Samarinda akan segera dibawa ke Jakarta dan perkiraan tiba di Jakarta pada siang ini," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT