test

News

Rabu, 15 Juli 2020 15:42 WIB

Matahari Persis Diatas Kabah untuk Kedua Kalinya, Fenomena Apa Ini?

Editor: Hadi Ismanto

Matahari tepat berada di atas Kabah (Foto: Instagram/@lapan_ri)

PMJ - Pusat Sains Antariksa dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut pada sore ini untuk kedua kalinya dalam tahun ini, matahari tepat berada di atas Ka’bah

Fenomena alam tersebut diprediksi akan terjadi tengah hari di kota Makkah, pukul 12.27 waktu Arab Saudi (09.27 UT) atau pukul 16.27 WIB.

"Fenomena ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya terjadi pada 27 Mei lalu pukul 16.18 WIB," tulis akun Instagram resmi LAPAN.

Fenomena matahari sejajar di atas Kakbah ini terjadi karena sumbu rotasi Bumi yang miring 66,6 derajat terhadap orbit Bumi, sehingga mengalami pergerakan semu tahunan yang bervariasi.

"Hal ini dikarenakan sumbu rotasi Bumi yang miring 66,6? terhadap orbit Bumi, sehingga mengalami pergerakan semu tahunan yang bervariasi antara 23,4? Lintang Utara pada 21 Juni hingga 23,4? Lintang Selatan pada 21 Desember," sambungnya.

Dengan adanya fenomena ini, tentunya akan memudahkan umat Islam untuk memeriksa arah kiblat yang selama ini diyakni mengarah tepat ke Ka'bah.

Seperti diketahui, Ka'bah merupakan sebuah bangunan suci umat Islam yang berada di tengah-tengah Masjidil Haram, di Mekkah, Arab Saudi. Kab'ah menjadi patokan arah kiblat bagi umat muslim.(Hdi)

BERITA TERKAIT