test

News

Jumat, 28 Agustus 2020 14:19 WIB

Kawah Lumpur di Blora Meletus, 17 Kerbau Tenggelam

Editor: Hadi Ismanto

Kawah lumpur panas Kesongo di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, meletus (Foto: PMJ News/Screenshot Video YouTube)

PMJ - Kawah lumpur panas Kesongo di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, meletus. Dampak dari letusan yang terjadi pada Kamis (27/8/2020) ini, empat orang dilaporkan keracunan gas dan 17 kerbau tenggelam dalam kubangan lumpur.

Sejumlah sumber menyebut letusan kawah di kawasan Kesatuan Pemangku Hutan atau KPH Randublatun ini dinilai cukup besar. Sebelum letusan, diawali suara gemuruh tanah bergetar.

Lumpur yang terdorong dari bumi dengan ketinggian mencapai 40 meter lebih ini menimbun sekitar kawasan tersebut. Termasuk kawanan kerbau yang berada tak jauh dari lokasi letusan.

"Saat terjadi semburan, ada sejumlah warga sedang menggembala kerbau di sekitar lokasi. Tiba-tiba tanah bergerak dan mengeluarkan semburan lumpur (disertai gas)," ungkap seorang warga.

Dari video yang beredar menunjukkan letusan lumpur terjadi berulang. Tinggi dan luasan luapan lumpur tergambar jelas. Dalam tayangan tersebut warga sempat berjuang menyelamatkan seekor kerbau yang tertimbun lumpur.

Hingga kini belum diketahui detail terkait dampak letusan. Namun, kejadian ini menyebabkan empat warga pingsan. Beruntung tidak ada korban jiwa dari semburan lumpur tersebut.(Hdi)

BERITA TERKAIT