test

News

Rabu, 29 Juli 2020 19:31 WIB

Perkantoran Jadi Klaster Baru, Satgas Covid-19 Sarankan Karyawan WFH

Editor: Hadi Ismanto

Salah satu Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah (Foto: PMJ News/Dok BNPB)

PMJ - Perkantoran di Jakarta menjadi salah satu kluster baru penyebaran Covid-19. Hingga hari ini, angka pekerja kantoran yang terkonfirmasi positif Corona mencapai 459 orang.

Menyikapi hal ini, Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 menyarankan agar pekerja sebisa mungkin tetap melakukan pekerjaannya dari rumah (WFH). Langkah itu diharapkan dapat menghindari penularan Covid-19 di lingkungan perkantoran.

"Jika pekerjaan bisa dilakukan dengan WFH, maka sebisa mungkin lakukan WFH," ujar Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Dr Dewi Nur Aisyah dalam keterangannya di Graha BNPB Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Dia mengungkapkan, peningkatan penularan kasus Covid-19 di perkantoran meningkat hampir 10 kali lipat pada masa PSBB transisi dibandingkan pada masa PSBB.

Sebelum 4 Juni atau pada masa PSBB, jumlah kasus positif di perkantoran sebanyak 43 orang, sedangkan pada periode 4 Juni sampai dengan 26 Juli kasus bertambah 416 orang atau 9,6 kali lipatnya.

"Ini kita waspadai, bagaimanapun dan di manapun berada tetap pastikan protokol kesehatan," jelas Dewi.

Apabila tetap harus bekerja di kantor, Dewi meminta agar kapasitasnya hanya 50 persen atau atur waktu shif masuk kantor dan WFH antar karyawan. Selain itu, juga lakukan shif kedatangan dengan jeda 1,5 jam hingga dua jam.(Hdi)

BERITA TERKAIT