test

News

Rabu, 5 Agustus 2020 10:33 WIB

Mengerikan! Kemenlu: Satu WNI Luka Berat dari Dua Ledakan Dahsyat di Beirut

Editor: Ferro Maulana

Ledakan dahsyat di Kota Beirut Lebanon. (Foto: PMJ/ Dok Net/ Daily Mail).

PMJ - Peristiwa tragis dua ledakan besar mengguncang Kota Beirut, Lebanon, pada Selasa (04/08/2020) malam, menewaskan 78 orang dan melukai ribuan lainnya. Ledakan dahsyat ini menghancurkan serta menghanguskan gedung-gedung.

Menurut pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri, Rabu (05/08/2020) pagi, pusat ledakan tersebut terjadi di Port of Beirut. Ledakan dahsyat tersebut terjadi pada Selasa, pukul 18.02 waktu setempat.

"Lokasi ledakan berdekatan dengan Downtown Beirut dan berjarak sekitar 7 km dari KBRI Beirut," demikian tertulis dalam keterangan resmi tersebut.

Ledakan dahsyat di Kota Beirut Lebanon. (Foto: PMJ/ Dok Net/ ABC News).

Kemenlu melaporkan, salah satu korban luka berat yakni WNI yang telah berhasil dikontak KBRI Beirut. Sekarang, kondisi WNI tersebut dilaporkan stabil serta dapat berkomunikasi dengan baik.

"KBRI akan terus melakukan pendampingan kepada yang bersangkutan sampai pulih," urainya melanjutkan.

KBRI Beirut juga melakukan koordinasi dengan otoritas setempat dan melakukan pengecekan kepada WNI lainnya yang berada di Beirut. Pemerintah Indonesia pun menyampaikan simpati kepada Pemerintah Lebanon dan juga belasungkawa kepada keluarga korban.

Ledakan dahsyat di Kota Beirut Lebanon. (Foto: PMJ/ Dok Net/ Daily Mail).

Sementara itu, pantauan di media sosial, ledakan tersebut menimbulkan bentuk mirip cendawan yang bergerak vertikal dari bawah ke atas. Sementara itu, Bloomberg menyebutkan ledakan terjadi di kawasan pelabuhan utama Lebanon.

Ledakan dahsyat itu mengguncang Beirut dan wilayah pinggiran Ibu Kota Lebanon. Gumpalan asap nampak membubung ke cakrawala saat ledakan terjadi. (Bloomberg/ FER).

BERITA TERKAIT