test

News

Jumat, 14 Agustus 2020 11:19 WIB

Jokowi Tegaskan Nilai Luhur Pancasila Tak Bisa Ditukar

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR-DPR dengan mengenakan pakaian adat NTT (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan nilai-nilai luhur Pancasila tidak bisa ditukar dengan apapun. Begitu juga dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini, ia katakan dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR hari ini, Jumat (14/8/2020).

"Nilai-nilai luhur Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, persatuan dan kesatuan nasional, tidak bisa dipertukarkan dengan apapun juga. Kita tidak bisa memberikan ruang sedikit pun kepada siapa pun yang menggoyahkannya," jelas Jokowi dalam pidatonya di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Sistem pendidikan nasional harus mengedepankan nilai-nilai Ketuhanan, yang berkarakter kuat dan berakhlak mulia, serta unggul dalam inovasi dan teknologi," sambung Jokowi.

Jokowi mengingatkan, ideologi dan nilai luhur bangsa juga tidak boleh dipertukarkan dengan kemajuan ekonomi. Sebaliknya, kemajuan ekonomi membutuhkan semangat kebangsaan yang kuat.

"Kemajuan ekonomi jelas membutuhkan semangat kebangsaan yang kuat. Kita harus bangga terhadap produk Indonesia. Kita harus membeli produk dalam negeri. Kemajuan Indonesia harus berakar kuat pada ideologi Pancasila dan budaya bangsa," tuturnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT