test

News

Rabu, 19 Agustus 2020 13:30 WIB

Uang Edisi Khusus HUT RI Dijual Online, Harganya Capai Jutaan Rupiah

Editor: Hadi Ismanto

Bank Indonesiaa meluncurkan uang pecahan Rp 75.000 (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Berselang dua hari setelah diluncurkan Bank Indonesia, uang pecahan edisi khusus Kemerdekaan RI ke-75 dengan nominal Rp 75.000 sudah banyak dijual di sejumlah marketplace.

Uang pecahan Rp 75.000 ini sempat diposting di e-commerce seperti Shopee dan Bukalapak. Dibandingkan dengan nominalnya, harga uang tersebut terbilang selangit, mencapai jutaan rupiah.

Menanggapi hal ini, Public Relations Lead Shopee Indonesia, Aditya Maulana Noverdi menyebut pihaknya langsung merespon temuan tersebut. Manajemen mengambil tindakan dengan menurunkan iklan itu dari aplikasinya.

"Saat ini kami telah memastikan produk terkait dan toko yang menjual uang tunai Rp 75.000 dengan harga tidak sesuai dari aplikasi diturunkan, guna menjaga kenyamanan dan keamanan semua pengguna," jelas Aditya dalam keterangannya, Selasa (18/8/2020).

Aditya mengatakan, Shopee secara aktif melakukan pemantauan terhadap produk yang dijual dalam aplikasinya. Hal itu dilakukan agar produk yang dijual sesuai dengan regulasi dan ketentuan pemerintah.

"Sesuai dengan regulasi yang dikeluarkan Bank Indonesia, secara resmi uang tunai ini hanya dapat diakses melalui Bank Indonesia, Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan CIMB Niaga setelah melakukan pemesanan online melalui aplikasi atau situs Bank Indonesia," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT