test

News

Rabu, 19 Agustus 2020 14:25 WIB

Patung Jenderal Sudirman Bakal Dipasangkan Masker

Editor: Hadi Ismanto

Patung Jenderal Sudirman (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Pemprov DKI Jakarta akan memasangkan masker di Patung Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Rencana pemasangan masker berlangsung pada Rabu (19/8/2020) sore. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dijadwalkan hadir.

"Kabar (Anies Baswedan yang memasang) masih tentatif. Karena jam 3 (pukul 15.00) kami rapatkan dulu di KDH (Biro Kepala Daerah)," ujar Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, Rabu (19/8/2020).

Menurut Satriadi, rapat yang digelar di Biro KDH tersebut nantinya akan memutuskan jadi atau tidaknya Anies Baswedan memasang masker di patung Jenderal Sudirman.

Disinggung mengenai tujuan pemasangan masker tersebut, Satriadi mengaku belum mengetahui secara detail. Menurut dia, Dinas Gulkarmat hanya bertugas sebagai tim pemasangan.

"Prinsipnya, kalau pemadam kebakaran hanya membantu proses pemasangan. (pelaksanaanya) dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata," tukasnya.

Sebagai informasi, Patung Jenderal Sudirman berada di Jakarta tepatnya di kawasan Dukuh Atas, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Patung ini memiliki tinggi keseluruhan 12 meter, yang terbagi atas tinggi patung 6,5 meter dan voetstuk atau penyangga 5,5 meter.

Patung ini terbuat dari perunggu seberat 4 ton dengan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar. Seorang seniman sekaligus dosen seni rupa Institut Teknologi Bandung, Sunario dipercaya mengerjakan patung tersebut.

Sosok Jenderal Sudirman digambarkan berdiri kokoh menghormat dan kepala sedikit mendongak ke atas untuk memberi kesan dinamis. Peresmiannya dilaksanakan pada 16 Agustus 2003.(Hdi)

BERITA TERKAIT