test

News

Selasa, 22 September 2020 18:29 WIB

Keren, Ditlantas Polda Metro Luncurkan Aplikasi Si Ondel dan Si Jampang

Editor: Ferro Maulana

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo bersama Kabid Humas PMJ Kombes Pol Yusri Yunus. (Foto: PMJ News).

PMJ - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meluncurkan dua aplikasi baru. Yang pertama yaitu “Si Ondel” (Samsat Online Delivery) yang mana aplikasi itu ditujukan kepada masyarakat untuk pengurusan surat kendaraan.

Selanjutnya, aplikasi kedua bernama “Si Jampang” atau Jaga Simpang. Fungsi aplikasi ini untuk memonitor personel lantas di lapangan.

"Aplikasi ini namanya Si Jampang atau Jaga Persimpangan. Dengan aplikasi ini keberadaan anggota dapat diketahui karena berbasis GPS memudahkan komunikasi dan ada panic button," terang Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (Foto: PMJ News).

Aplikasi tersebut nantinya akan digunakan oleh anggota lalu lintas. Aplikasi ini juga membantu anggota dalam proses absensi, laporan kegiatan, laporan penelitian kinerja, kemudian memantau kondisi sekitar serta emergency.

Dalam aplikasi itu, salah satu yang spesial yaitu tombol panic button. Tombol ini berfungsi untuk meminta bantuan petugas lantas lainnya.

"Misalnya anggota bertugas ada kecelakaan lalu lintas atau kemacetan atau anggota mengalami bahaya maka dia bisa memencet panic button itu dan seluruh pemegang aplikasi dapat mengetahui yang bersangkutan dalam bahaya dan unit-unit terdekat di lokasi bisa datang ke anggota," ungkap Sambodo.

Sambodo berharap dengan adanya aplikasi ini akan mampu meningkatkan kinerja Ditlantas Polda Metro Jaya dalam mewujudkan lalu lintas Jakarta yang aman, selamat, tertib, dan lancar. (Fjr/ Fer).

BERITA TERKAIT