test

Suara Pemilu

Senin, 20 Juli 2020 10:32 WIB

Mendagri Sarankan Masker dan Hand Sanitizer Jadi Alat Peraga Kampanye

Editor: Hadi Ismanto

Mendagri Titio Karnavian menyarankan agar masker dan hand sanitizer dimasukan menjadi alat peraga kampanye (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) menambahkan masker dan hand sanitizer dalam alat peraga kampanye (APK) pasangan calon pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

"Saran saya juga kepada KPU, kalau bisa alat peraganya (kampanye pilkada) juga adalah masker dan hand sanitizer, karena ini adalah senjata penting untuk memblok tiga jenis penularan Covid-19," ungkap Mendagri Tito dalam keterangannya, Minggu (19/7/2020).

Tito berharap dengan membagikan alat peraga kampanye berupa masker dan hand sanitizer, masyarakat dapat memiliki kesadaran tinggi terhadap bahaya Covid-19 dan tidak melalaikan cara penularannya.

"Yang paling banyak lalai, yaitu penyebaran melalui objek, ini pasti banyak yang lalai, semua benda yang dipegang oleh yang positif kemudian ada semburan atau cairan dari yang positif ke benda itu, maka akan menular ke benda itu virusnya," tuturnya.

"Kemudian jika benda itu dipegang oleh orang yang negatif, orang tersebut juga bisa langsung positif Covid-19 apabila tangan yang terkontaminasi memegang area wajah, hidung, mata, atau mulut.

Tito mengingatkan, pilkada jangan menjadi klaster penyebaran baru Covid-19. Salah langkahnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan penyediaan perlengkapan pencegahan penularan, disamping alat peraga kampanye.

"Jangan sampai pilkada ini jadi klaster baru, maka selain alat peraga, nanti pada saat pemungutan suara, semua diberikan alat proteksi, itu semua disiapkan juga, masker, alat cuci tangan, sarung tangan, hand sanitizer untuk para pemilih di TPS," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT