test

Politik

Senin, 30 Maret 2020 17:12 WIB

DPR Dukung Langkah Pemerintah Tanggulangi Pandemi Virus Corona

Editor: Ferro Maulana

Ketua DPR, Puan Maharani. (Foto: Dok Net)

PMJ - Ketua DPR RI Puan Maharani menuturkan bahwa pihaknya siap mendukung langkah pemerintah dalam menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19). Langkah tersebut yaitu penerapan isolasi terbatas atau karantina wilayah bila dibutuhkan.

“DPR juga dapat memahami dan mendukung sistem penanggulangan virus corona dengan menerapkan isolasi terbatas serta karantina wilayah. Bila diperlukan, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina,” tutur Puan dalam pidatonya di ruang rapat paripurna, Gedung MPR/ DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/03/2020).

DPR pun meminta pemerintah mengoptimalkan peran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang berada di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), maupun melalui kementerian atau lembaga terkait lainnya.

"Agar mengambil upaya, kebijakan, dan program yang efektif utamanya dalam menjamin keselamatan rakyat, memberikan pelayanan penanganan, memastikan ketersediaan tenaga dan fasilitas kesehatan yang cukup," terang Puan.

"Kemudian memperluas edukasi dan sosialisasi pencegahan dan penyebaran virus corona, serta dalam menangani dampak sosial, ekonomi, dan budaya akibat wabah virus corona,” lanjut Puan.

Lebih jauh Politikus PDIP itu mengimbau agar masyarakat tidak panik dalam menghadapi pandemi tersebut.

Puan juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat memutus rantai penyebaran virus corona, dengan menerapkan physical distancing.

“Mengajak masyarakat untuk dapat ikut disiplin dalam melaksanakan physical distancing, sebagai salah satu upaya mengantisipasi penyebaran virus tersebut,” tandasnya. (FER)

BERITA TERKAIT