test

News

Rabu, 4 November 2020 13:25 WIB

PT Pelni Alami Kenaikan Muatan Sebesar 178 Persen pada Oktober 2020

Editor: Ferro Maulana

Muatan PT Pelni Persero. (Foto: PMJ/ Pelni)

PMJ - PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni Persero) melaporkan selama bulan Oktober 2020 mengalami kenaikan muatan sebesar 178 persen dari 2.396 TEUs di 2019 menjadi 6.653 TEUs.

Untuk diketahui, muatan terbanyak yang diangkut yaitu material industri seperti batang kayu, semen, triplek, seng, keramik, baja konstruksi, baja ringan dan aspal yaitu sebanyak 390 TEUs.

"PT Pelni terus mengoptimalkan pelaksanaan operasional tol laut dan memaksimalkan pengoperasian Rumah Kita sebagai sentra logistik muatan kapal tol laut," tutur Direktur Usaha Angkutan Barang PT Pelni Masrul Khalimi, dalam siaran persnya, Rabu (4/11/2020).

Lebih jauh, Masrul menuturkan, Rumah Kita merupakan gagasan Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN dengan melakukan kolaborasi bersama BUMN, BUMD, serta BUMDes dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan menjaga harga barang kebutuhan pokok dan penting.

Sementara itu, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro melanjutkan, Pelni optimis di Triwulan IV-2020 ini kinerja tol laut akan terus meningkat seiring bertambahnya kebutuhan masyarakat Indonesia, terutama pada Daerah 3TP.

"Perusahaan berharap, di tahun kelima program tol laut ini masyarakat semakin merasakan manfaat dari adanya program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo ini, terutama untuk menjamin konektivitas ekonomi antar pulau dan menekan disparitas harga barang," ungkap Yahya.

Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang, dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP dimana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.

"Pelni juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan, pada pelayanan bisnis logistik, kini Pelni mengoperasikan 4 kapal barang, 8 kapal tol laut serta 1 kapal khusus ternak," pungkasnya.(Fer)

BERITA TERKAIT