test

Kesehatan

Selasa, 25 Agustus 2020 07:01 WIB

Kiat Mudah Agar Kamu Bangun dalam Kondisi Bugar dan Bersemangat

Editor: Ferro Maulana

PMJ – Dalam keseharian kita seringkali seseorang terbangun dengan rasa lelah dan tak berenergi. Kondisi bangun tidur yang tidak tepat ini membuat mood kita seharian menjadi rusak dan tidak produktif. Karena itu, ikuti 6 langkah mudah ini agar kamu bangun dalam kondisi bugar.

Sejumlah dampak yang muncul ketika seseorang tidak bangun dalam kondisi yang tepat mampu mengganggu aktivitas sehari-hari, khususnya saat bekerja. Munculnya rasa lelah saat terbangun ini bisa disebabkan karena berbagai hal termasuk tidur yang tidak nyenyak.

Gangguan tidur dan tidur tak nyenyak ini merupakan sebuah hal yang bisa dialami sehari-hari. Karena itu, perlu dilakukan upaya ekstra untuk mencegahnya. Menghilangkan rasa kantuk dengan mudah ini bisa kamu lakukan dengan cara mudah. Menurut berbagai penelitian ilmuwan, ditemukan banyak cara untuk bisa lebih segar saat terbangun di pagi hari.

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa terdapat berbagai cara untuk bisa lebih segar di pagi hari. Berikut sejumlah cara mudah agar kamu bisa lebih segar, bugar, dan bersemangat di pagi hari.

Minum Air Putih

Minum air putih. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Tidur dapat menyebabkan kamu mengalami dehidrasi. Secara rata-rata, seseorang bakal kehilangan sekitar seliter air tergantung dari kondisi kelembaban kamar serta pola bernapas mereka.

Kondisi dehidrasi yang muncul ketika terbangun ini bisa menyebabkan rasa lelah baik secara fisik maupun mental ketika terbangun. Maka, konsumsi air putih di pagi hari saat terbangun bisa membantu kamu merasa lebih segar saat bangun.

Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Saat kamu terbangun di pagi hari, segera duduk kemudian tarik dan embuskan napas dalam-dalam selama dua menit. Bernapas dengan panjang dan perlahan ini bisa membantu sel tubuh berpadu dengan oksigen.

Sistem pernapasan bakal melambat pada saat kamu tertidur. Dengan bernapas perlahan dan dalam-dalam ketika tidur, kamu bisa menjadi lebih segar ketika terbangun. Meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam tubuh bisa meningkatkan energi di dalam tubuh.

Cahaya Matahari Masuk ke Kamar

Membiarkan cahaya sinar matahari ke dalam rumah. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Cahaya terang terutama dari matahari merupakan salah satu hal yang bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Hal ini bisa menyetop produksi melatonin, hormon mengantuk yang muncul agar kamu tertidur.

Dengan membuka jendela lebar-lebar di pagi hari bisa menjadi cara agar kamu menjadi lebih segar saat terbangun. Metode lain yang bisa kamu lakukan adalah keluar ruang dan berjemur di bawah sinar matahari.

Lakukan Olahraga

Melakukan joging di sekitar area rumah. (Foto: PMJ/ dok Net)

Penelitian pada tahun 2013 mengungkap olahraga bisa langsung meningkatkan rasa terjaga serta menurunkan rasa kelelahan. Hal ini bisa dilakukan di pagi hari untuk meningkatkan rasa segar dan bugar.

Kamu dapat melakukan olahraga ringan di dalam rumah atau bahkan berjalan untuk memperoleh manfaat ini. Tindakan ini bisa membuat tubuh dipenuhi oksigen sehingga energi yang dimiliki jadi meningkat.

Mandi Air Dingin

Mandi air dingin. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Mandi dengan air dingin bisa membantu menyegarkan tubuhmu. Hal tersebut membantu membuatmu merasa lebih segar ketika terbangun di pagi hari.

Air dingin bisa membuatmu menjadi terjaga ketika kamu mandi di pagi hari. Ketika air dingin mengguyur tubuhmu, maka otak berada dalam kondisi waspada sehingga kamu menjadi lebih segar dan bertenaga.

Konsumsi Kafein

Minum kopi. (Foto: PMJ/ Dok Net)

Konsumsi teh atau kopi di pagi hari menjadi langkah mudah dilakukan untuk membuatmu terjaga. Hal ini bisa membuatmu lebih segar dan berenergi saat menjalani aktivitas.

Kandungan dari kafein bisa membantu memperlambat akumulasi zat kimia yang menimbulkan rasa ngantuk. Konsumsi kopi ini juga bisa membantu mengembalikan kelelahan fisik dan mental yang kamu alami. (Sumber: Living Health/ Fer).

BERITA TERKAIT