test

Kesehatan

Rabu, 2 September 2020 10:02 WIB

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Saat Belajar Online

Editor: Hadi Ismanto

Tips menjaga kesehatan mata anak selama belajar daring (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi)

PMJ - Di masa pandemi Covid-19, aktivitas di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sistem ini diaplikasikan secara daring, dimana mengharuskan anak didik menatap mendengarkan materi sekolah di layar ponsel.

Dengan durasi belajar berjam-jam menatap layar, tentu berpotensi mengganggu kesehatan mata anak. Nah, peran orangtua mengawasi jarak ideal menggunakan perangkat digital memungkinkan anak terhindar dari mata minus ataupun menjadi kering.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Selasa (1/9/2020), berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata anak selama belajar daring.

1. Perhatikan postur tubuh anak

Saat belajar daring, orangtua perlu mengamati bentuk tubuh anakmu dengan tepat. Pastikan postur tubuh anak, idealnya tidak condong ke depan mendekati layar ponsel maupun laptop.

Jika si kecil lebih nyaman menggunakan laptop, kamu memerlukan tumpukan buku atau meja yang sejajar dengan mata si anak. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan mata buah hatimu.

Seorang anak sangat sulit untuk mempertahankan posisi tubuh, terkadang posisi tidur pun jadi posisi favorit ketika rasa bosan menyerang. Akibat aktivitas sekolah daring yang berjam-jam, tak jarang si anak mulai berpindah posisi semaunya mereka.

2. Jaga jarak mata dengan layar

Supaya mata anak menjadi nyaman dan rileks selama pembelajaran, kamu perlu mengatur jarak antara mata dengan layar perangkat elektronik kurang lebih 45-60 cm.

Kecerahan layar yang terlalu terang akan menusuk indera penglihatan. Sebaliknya, cahaya yang terlalu redum juga menyulitkan anak melihat. Maka, penting memperhatikan tingkat kecerahan layar juga perlu disesuaikan dengan kondisi mata si anak.

3. Berkedip secara teratur

Apabila buah hati merasa sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan, penting untuk kamu membiasakannya untuk berkedip. Kedipan mata naik dan turun dapat mencegah mata gatal dan kering.

Cobalah menerapkan metode serba 20 untuk menjaga kesehatan matamu. Artinya, 20 detik untuk istirahat dari perangkat digital, setiap 20 menit untuk berkedip.(Hdi)

BERITA TERKAIT