test

Fokus

Jumat, 15 Mei 2020 13:11 WIB

Top! Polda Metro Salurkan Bantuan 26.067 Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Editor: Ferro Maulana

Gerakan baksos serentak “Polri Peduli Covid-19” oleh Jajaran Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News).

PMJ - Bertempat di Desa Pasir Sari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, telah dilaksanakan kegiatan gerakan bakti sosial (baksos) serentak “Polri Peduli Covid-19” Polda Metro Jaya. Kegiatan sosial ini dipimpin langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Nana Sudjana AS M.M.

Kapolda Metro dan rombongan memberikan bantuan secara simbolis kepada perwakilan warga maupun tokoh masyarakat dan juga diberikan secara langsung dengan door to door kepada warga masyarakat Desa Pasir Sari, Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi Jawa Barat berupa paket Sembako sebanyak 2000 paket.

Ribuan paket sembako ini ditujukan kepada penerima bantuan antara lain, anak yatim piatu, fakir miskin dan para pekerja tidak tetap yang berprofesi sebagai buruh, pemulung, tukang becak, ojek pangkalan, ojek online, korban PHK serta masyarakat lainnya yang terdampak langsung wabah pandemic virus corona (Covid -19).

Untuk diketahui, baksos ini mempedomani protokol kesehatan dan penerapan social distancing atau physical distancing dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Gerakan baksos serentak “Polri Peduli Covid-19” oleh Jajaran Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News).

Pemberian bantuan dilaksanakan secara terkoordinir sehingga tidak terjadi pemberian bantuan di tempat atau lokasi yang sama dan duplikasi penerima bantuan. Selain itu penyerahan sembako juga dilaksanakan secara langsung kepada masyarakat yang berhak secara door to door untuk menghindari kerumunan massa.

Ringankan Beban Masyarakat

Dalam kesempatan ini, Kapolda Metro menyampaikan bahwa pemberian bantuan sembako ini untuk meringankan beban masyarakat yang sangat membutuhkan di saat penyebaran wabah Covid-19.

Selain itu Kapolda Metro juga berharap agar masyarakat mengikuti anjuran pemerintah pada masa PSBB ini untuk disiplin menjaga kebersihan. Karena kepatuhan dan ketaatan masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona, merupakan kunci untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Gerakan baksos serentak “Polri Peduli Covid-19” oleh Jajaran Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News).

“Hindari keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak, jika memang harus bekerja di luar selalu menggunakan masker dan tetap menjaga jarak aman serta dapat mengindari berkumpul atau bergerombol,” imbau Irjen Nana, Jumat (15/05/2020).

Baksos Serentak untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Kegiatan serupa juga dilaksanakan serentak oleh Satker Polda Metro Jaya dan Polres jajaran yang ditujukan kepada masyarakat antara lainnya yang belum mendapatkan bantuan akibat Covid-19.

Seperti kelompok ormas, warga binaan asimilasi, DKM Masjid, petugas TPU, dan nelayan dengan total jumlah 26.067 paket sembako. Dengan rincian sebagai berikut:

Dirreskrimum Polda Metro Jaya sebanyak 1085 Paket dengan lokasi atau sasaran Masjid, Pondok Pesantren, panti asuhan wilayah Jakarta Timur; Ditresnarkoba Polda Metro Jaya sebanyak 1000 paket dengan lokasi /sasaran Kelurahan Penggilingan Cakung Jaktim; dan Ditpolair Polda Metro Jaya sebanyak 1000 paket dengan lokasi pemberian di Pulau Kelapa Kepulauan Seribu.

Gerakan baksos serentak “Polri Peduli Covid-19” oleh Jajaran Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News).

Kemudian, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya (oleh Kapolda) sebanyak 2000 paket dengan lokasi Ds. Pasir Sari Cikarang Selatan, Bekasi; Polrestro Jakarta Pusat sebanyak 389 paket dengan lokasi wilayah hukum Polrestro Jakarta Pusat; dan Polrestro Jakarta Barat sebanyak 380 paket dengan lokasi wilayah hukum Polrestro Jakarta Barat.

Selanjutnya, Polrestro Jakarta Utara sebanyak 2100 Paket dengan lokasi wilayah hukum Polsek Penjaringan dan Polsek Cilincing; Polrestro Jakarta Selatan sebanyak 1300 paket dengan lokasi Mako Polrestro Jakarta Selatan; Polrestro Jakarta Timur sebanyak 8062 Paket dengan lokasi wilayah hukum Polrestro Jakarta; dan Polrestro Bekasi (oleh Kapolda) sebanyak 2200 paket dengan lokasi Wilayah hukum Polsek Cikarang Selatan.

Berikutnya, Polrestro Bekasi Kota sebanyak 806 paket dengan lokasi Slum area Kelurahan Teluk Pucung RY 05/02 Kecamatan Bekasi Utara; Polrestro Tangerang Kota sebanyak 1626 paket dengan lokasi wilayah hukum Polrestro Tangerang Kota; Polrestro Depok sebanyak 1250 paket dengan lokasi wilayah hukum Polrestro Depok.

Lalu, Polresta Bandara Soetta sebanyak 81 Paket dengan lokasi wilayah hukum Polsubsektor Bandara Soetta; Polres Tangsel sebanyak 1798 Paket dengan lokasi wilayah hukum Polres Tangsel; Polres Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 500 Paket dengan lokasi wilayah Pelabuhan Muara Angke; dan Polres Kep. Seribu sebanyak 490 Paket dengan lokasi wilayah hukum Polsek Kep. Seribu Utara dan Polsek Kep. Seribu Selatan.

Sekedar informasi, selain Kapolda Metro, turut hadir Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Drs. Yusri Yunus; Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Iwan Setiawan, SH., SIK., MH; Dirsamapta Polda Metro Jaya Kombes Pol. Mokh. Ngajib, SIK; Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol. Hendra Gunawan, SIK., M.Si. dan Forkopimda Kabupaten Bekasi serta para pejabat utama Polres Metro Bekasi.

Baksos Serentak Polri Peduli Covid -19 Polda Metro hari ini didukung oleh satuan kerja dan seluruh satuan kewilayahan di jajaran Polda Metro Jaya ini merupakan instruksi Kapolri melalui Surat Telegram No. ST/1205/IV/KEP./2020, T=tanggal 15 April 2020 dalam rangka menghadapi bulan Ramadhan dan sebagai wujud nyata kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. (FER).

BERITA TERKAIT